SOLOPOS.COM - Ilustrasi memasak ayam. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Belakangan ini di TikTok dihebohkan dengan viralnya istilah chicken anxiety, lalu istilah apa itu?  Bahkan tagar istilah tersebut saat ini sudah ditonton lebih dari 23 juta kali. Untuk mengetahui tips memasak sehat, simak ulasannya di info sehat kali ini tentang berita viral.

Tagar tersebut berisikan beragam video saat memasak daging ayam. Pada dasarnya, istilah ini merupakan istilah baru yang saat ini berkembang di jagat dunia maya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Lalu apa itu chicken anxiety yang viral di TikTok? Jika diartikan chicken anxiety sebenarnya merujuk pada kondisi kekhawatiran ekstrem ketika seseorang memasak ayam karena ragu jika ayam yang dimasak tidak matang.

Perasaan ini bisa saja menjadi salah satu hal yang mengganggu. Karena, mereka  mungkin akan membolak balik ayam yang mereka masak hingga mereka merasa ayamnya sudah matang, meskipun sebenarnya ayam sudah matang sejak tadi.

Kekhawatiran yang berlebihan ini juga bisa muncul saat tengah memakan ayam yang sudah dimasak. Rasa khawatir yang berlebihan pun dapat membuat seseorang jadi tidak nikmat saat makan.

Kekhawatiran orang-orang tersebut ketika masak ayam bukan tanpa alasan yang jelas. Perlu diketahui memang berbahaya jika seseorang mengonsumsi ayam yang tak matang dengan sempurna. Seperti melansir dari Insider, Jumat (15/9/2023), Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) di Amerika Serikat mengatakan jika ayam yang kurang matang kerap kali terkontaminasi bakteri seperti Campylobacter, Salmonella, dan Clostridium perfringens.

Ketika bakteri-bakteri tersebut terkonsumsi, maka ada kemungkinan seseorang bisa keracunan dan mengalami juga akan gejala mulai dari diare dan mual. Dalam beberapa kasus, ada juga efek samping berupa kematian. Karena hal inilah banyak orang yang mengalami chicken anxiety saat memasak ayam.

Selain itu CDC juga merekomendasikan memeriksa suhu bagian dalam daging ayam di atas sekitar 75 C dengan termometer. Mereka yang mengalami kekhawatiran ini kerap kali mencuci ayam mentah sebelum dimasak, akan tetapi hal ini justru bisa menjadi bumerang karena menyebarkan lebih banyak bakteri ke seluruh dapur.

Setelah tahu apa itu chicken anxiety yang viral di TikTok, ketahui pula orang yang menderita kekhawatiran ini mungkin juga akan memasak ayamnya terlalu lama untuk menghindari sakit, padahal ayam yang terlalu matang bisa menjadi kering dan kenyal, sehingga tidak enak juga untuk dimakan.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE Public Library of Science tahun 2020, Dr. Solveig Langsrud selaku penulis utama studi mengatakan cara terbaik untuk memasak ayam adalah dengan memasak seluruh sisi daging ayam hingga matang sembari mengecek bagian tengahnya.

“Yang utama, konsumen harus memeriksa apakah seluruh permukaan daging sudah matang, karena sebagian besar bakteri ada di permukaan. Kedua, mereka harus memeriksa bagian tengahnya. Jika bagian tengah daging berserat dan tidak mengilap, berarti sudah mencapai suhu yang aman,” katanya dilansir dari Insider, Jumat (15/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya