SOLOPOS.COM - Ilustrasi tulisan menopause. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Berapa usia normal menopause kadang menjadi pertanyaan wanita. Untuk lebih mengetahui kesehatan reproduksi wanita, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Menopause adalah fase berhentinya menstruasi pada wanita. Wanita memiliki tanda atau gejala yang berbeda-beda terkait fase atau usia menopause. Hal ini disebabkan karena perbedaan kadar estrogen dalam tubuh wanita. Banyak wanita yang mengalami gejala ringan terkait munculnya usia menopause.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Mengobati gejala yang muncul bisa dengan berbagai cara, seperti mengubah gaya hidup, menghindari kafein, dan mengurangi penggunaan kipas portabel ketika cuaca panas. Mengetahui selengkapnya, simak penjelasan berikut!

Usia normal menopause adalah fase wanita berhenti mengalami menstruasi dan tidak lagi bisa hamil secara alami. Haid merupakan fase meluruhnya dinding rahim akibat tidak terbuahinya sel telur. Haid biasa terjadi sekali dalam sebulan dengan rentan rata-rata waktu 7-14 hari.

Dikutip dari ciputrahospital.com pada Kamis (2/11/2023), menopause juga merupakan fase normal yang akan dialami wanita pada rentang usia antara 45 tahun sampai 55 tahun. Pada usia menopause, wanita akan memiliki frekuensi haid yang sedikit atau bahkan berhenti secara tiba-tiba.

Hal ini disertai dengan adanya penurunan kadar estrogen dalam tubuh wanita. Di Inggris, usia rata-rata seorang wanita mencapai usia menopause adalah 51 tahun. Diketahui, 1 dari 100 wanita mengalami menopause sebelum usia 40 tahun. Peristiwa tersebut dikenal sebagai menopause dini atau insufisiensi ovarium prematur.

Tanda-tanda usia menopause akan berbeda-beda pada setiap wanita. Beberapa diantaranya dapat mengalami tanda-tanda yang sangat parah dan berdampak signifikan pada aktivitas sehari-hari. Gejala umum usia menopause yang normal dialami wanita, yaitu:

– Munculnya rasa panas pada tubuh secara tiba-tiba, seperti demam.
– Muncul keringat yang berlebihan saat malam hari.
– Vagina terasa kering dan tidak nyaman saat melakukan hubungan seks.
– Mengalami kesulitan tidur.
– Memiliki suasana hati yang tidak pasti hingga muncul rasa cemas.
– Mengalami penurunan gairah seks (libido).
– Mengalami masalah dengan memori dan konsentrasi.

Tanda-tanda usia menopause dapat muncul dari berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum haid berhenti. Tanda-tanda menopause umumnya akan berlangsung selama kurang lebih 4 tahun setelah haid terakhir. Namun, pada beberapa wanita tanda-tanda usia menopause akan berlangsung lebih lama dari rata-rata pada umumnya.

Usia menopause wanita merupakan hal yang normal dan pasti akan dialami. Diketahui usia menopause rata-rata berada pada usia 51 tahun atau dalam rentan usia 45 sampai 55 tahun. Ciri-ciri dan gejala yang muncul pada setiap wanita akan berbeda tergantung pada kadar estrogen dalam tubuh mereka. Ketika wanita telah memasuki masa menopause, maka wanita akan susah atau tidak bisa lagi hamil secara alami. Wanita juga akan mengalami kecemasan dan menurunnya gairah seks. Hal-hal tersebut perlu untuk diketahui dan dipahami oleh Anda sebagai wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya