SOLOPOS.COM - Sungkeman menjadi salah satu tradisi lebaran di Solo. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Dalam mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri terdapat kata-kata khusus yang benar dalam Islam.

Seperti diketahui, masyarakat Indonesia kebanyakan menggunakan kalimat minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir batin, saat momen Lebaran tiba.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Padahal ucapan tersebut dianggap kurang tepat menurut Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online.

Lalu, bagaimana bunyi ucapan selamat Hari Raya Idulfitri yang benar dalam Islam?

Menurut NU, ucapan minal aidzin wal faidzin tidak ada kaitannya dengan mohon maaf lahir batin. Bahkan, minal aidzin wal faidzin tidak memiliki arti terkait maaf memaafkan. Arti sesungguhnya berbunyi, “Termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang.”

Sehingga pengucapan ini dinilai kurang tepat sebagai ucapan Lebaran yang benar. NU menjelaskan ucapan selamat Idulfitri yang benar menurut Islam, jika dirangkai menjadi kalimat panjang berbunyi sebagai berikut.

Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair.

Artinya: Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadlan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantia dalam kebaikan.

Karena terlalu panjang umat muslim bisa mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dengan “taqabbalallaahu minnaa wa minkum.”

Jika orang lain mengucapkan “taqabbalallahu minna wa minkum”, hendaknya umat muslim menjawabnya dengan “minna waminkum taqobbal ya karim” yang artinya, “Ya Allah Yang Maha Mulia terimalah amal kami dan kamu”.

Itulah ucapan selamat Hari Raya Idulfitri yang benar dalam Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya