SOLOPOS.COM - Ilustrasi berhaji atau umrah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Banyak umat Islam yang bertanya-tanya mana yang lebih utama daftar haji terlebih dahulu atau umrah?

Pertanyaan tersebut muncul lantaran daftar tunggu haji di Indonesia terbilang lama, yakni berkisar 11-48 tahun, tergantung kabupaten/kota masing-masing. Hal ini dikarenakan jumlah pendaftar haji di Indonesia lebih dari 5 juta, sedangkan kuota haji yang diberikan pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia berkisar 211.000 jemaah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ditambah lagi dengan bertambahnya usia, membuat umat Islam di Indonesia mengurungkan niatnya untuk mendaftar haji dan lebih memilih untuk berangkat umrah karena langsung berangkat dan tidak perlu antre bertahun-tahun.

Terkait hal tersebut, kira-kira mana yang lebih utama daftar haji terlebih dahulu atau umrah?

Mengutip penjelasan Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online, Pengasuh Pesantren Asrama Pelajar Islam (API) Tegalrejo, Magelang, Jawa tengah, KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf), menjelaskan bahwa umat Islam yang sudah memiliki kemampuan finansial untuk mendaftarkan diri berhaji sebaiknya mendahulukan mendaftar ibadah haji dari umrahnya.

Berhubungan dengan lamanya antrean ibadah haji, Gus Yusuf menjelaskan bahwa yang wajib dilakukan adalah daftarnya terlebih dahulu. Karena ketika seseorang sudah mendaftar namun Allah menentukan umurnya pendek kemudian tidak bisa berangkat haji, maka hal itu bukan menjadi kesalahan orang tersebut.

“Sudah bebas tanggungannya. Sehingga saya ingatkan kepada saudara-saudara yang belum haji, segeralah mendaftar. Jangan ketika ada rezeki malah daftar umrah,” katanya.

Soal mana yang lebih utama daftar haji atau umrah, Gus Yusuf menegaskan, ibadah yang wajib bagi umat Islam adalah haji dan umrah merupakan ibadah sunah. “Walaupun umrah seribu kali kalau belum haji maka belum lunas tanggungan hidup,” tegasnya.

Ketika seseorang sudah mendaftar haji dan dalam waktu tunggu kemudian memiliki rezeki lebih, maka ia bisa mendaftar dan mengerjakan ibadah umrah. “Belum daftar (haji) kok malah umrah, menurut saya kurang pas,” pesan dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya