SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Hari Anak Sedunia yang diperingati pada hari ini Senin, 20 November 2023 memiliki sejarah dan tema yang menarik untuk diulas.

Hari aksi tahunan UNICEF untuk anak-anak dan oleh anak-anak ini memiliki nilai-nilai penting yang diusung. Mulai dari perubahan iklim, pendidikan dan kesehatan mental, hingga mengakhiri rasisme dan diskriminasi anak-anak dan remaja. Selain itu, menyuarakan pendapat mereka tentang isu-isu yang penting bagi generasi mereka dan menyerukan kepada orang dewasa untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Kemudian, Hari Anak Sedunia menawarkan kepada masing-masing orang untuk menginspirasi, mengadvokasi, mempromosikan, dan merayakan hak-hak anak. PBB juga berharap masyarakat mengimplemantasikan hak-hak anak ke dalam dialog dan tindakan yang membangun dunia lebih baik untuk anak-anak.

Mengutip sejarah Hari Anak Sedunia yang diperingati 20 November 2023 di laman resmi PBB, hari istimewa bagi seluruh anak di dunia ini pertama kali ditetapkan pada tahun 1954 sebagai Hari Anak Universal dan dirayakan pada tanggal 20 November setiap tahun untuk mempromosikan kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Tanggal 20 November merupakan tanggal yang penting karena pada tahun 1959, Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak-hak Anak. Tanggal tersebut juga merupakan tanggal di tahun 1989 ketika Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak.

Sejak tahun 1990, Hari Anak Sedunia juga menandai peringatan tanggal ketika Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak. Para ayah dan ibu, guru, perawat dan dokter, pemimpin pemerintah dan aktivis masyarakat sipil, pemuka agama dan masyarakat, pemimpin perusahaan dan profesional media, serta anak muda dan anak-anak itu sendiri, dapat memainkan peran penting dalam menjadikan Hari Anak Sedunia relevan bagi masyarakat, komunitas, dan negara mereka.

Dengan sejarah yang menarik itu, Hari Anak Sedunia 20 November 2023 ini mengambil tema Untuk Setiap Anak, Setiap Hak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya