SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat gerhana bulan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Agar bisa bangun melaksanakan salat tahajud di tengah malam, umat Islam bisa membaca doa yang dibaca sebelum tidur.

Salat yang dilakukan pada malam hari ini hukumnya sunah yang dilakukan sebanyak dua rakaat. Ibadah satu ini juga selalu dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

“Dan dari sebagian malam salat tahajudlah kamu (Muhammad) dengan membaca Al-Qur’an (di dalamnya) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu menempatkanmu pada tempat yang terpuji.” (QS al-Isra: 79).

Karena dilakukan di tengah malam, banyak yang sulit untuk bangun agar bisa melaksanakan salat sunah satu ini. Maka dari itu, Islam menganjurkan untuk membaca doa berikut ini agar bisa bangun melakukan salat tahajud, sebagaimana Solopos.com kutip dari laman Bincangsyariah.com.

Innal laziina aamanuu wa ‘amilus saalihaati kaanat lahum Jannaatul Firdawsi nuzulaa. Khaalidiina fiiha la yabghuuna ‘anhaa hiwalaa. Qul law kaanal bahru midaadal lik Kalimaati Rabbii lanafidal bahru qabla an tanfada Kalimaatu Rabbii wa law ji’naa bimislihii madadaa. Qul innamaaa ana basharum mislukum yuuhaaa ilaiya annamaa ilaahukum Ilaahunw Waahid; faman kaana yarjuu liqooa’a Rabbihii falya’mal ‘amalan saalihanw wa laa yushrik bi’ibaadati Rabbihiii ahadaa.

Kemudian, dilanjutkan dengan doa berikut ini agar bisa bangun untuk melaksanakan salat tahajud.

Allohumma bi haqqi hazihil ayatis syarifati aiqidzni fi waqti kaza wa kaza …(sebutkan jam yang dikehendaki), fainna ruhi bi yadika wa anta tatawaffal anfusa hina mautiha wallati lam tamut fi manamiha. Allohummaj’alni mimman yuzkuruka fa tazkuruni wa astaghfiruka fa taghfiruli innaka taf’alu ma takhtaru wa tahkumu ma turidu.

Artinya: Ya Allah, dengan kebenaran ayat yang mulia ini, bangunkanlah aku di waktu ini..(sebutkan jam yang diinginkan), sesungguhnya ruhku ada di genggaman-Mu, Engkau mewafatkan jiwa saat matinya dan yang tidak mati pada waktu tidurnya. Ya Allah, jadikanlah aku bagian dari orang yang mengingat-Mu dan Engkau mengingatku, dan aku memohon ampunan kepada-Mu dan Engkau mengampuni aku, sesungguhnya Engkau berbuat sesuatu yang Engkau pilih dan menetapkan sesuatu yang Engkau inginkan.

Selain berdoa, Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online, juga memberikan tips agar bisa bangun melaksanakan salat tahajud, berikut ini selengkapnya.

  1. Memperbarui wudu pada isya.
  2. Berzikir sebelum Matahari tenggelam dalam hal bertasbih atau beristighfar dengan menghadap kiblat.
  3. Mengisi waktu antara maghrib dan isya dengan ibadah seperti salat, membaca Al-Qur’an, atau berzikir. Tetapi yang paling utama dari ketiganya adalah salat.
  4. Tidak berbicara setelah zikir tersebut karena bercakap-cakap pada saat itu dapat melenyapkan kelembutan cahaya yang masuk di dalam hati dan dapat menjauhkan dari bangun malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya