SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kisah Misteri (Solopos)

Solopos.com, SOLO — Malam Jumat kliwon banyak bikin penasaran umat Islam lantaran menurut sebagian masyarakat yang percaya malam tersebut sarat akan kisah mistis.

Berdasarkan mitos yang berkembang, malam Jumat Kliwon dianggap sebagai waktu mahkluk gaib bergentayangan. Masyarakat Jawa tradisional biasanya tidak melakukan aktivitas apapun di luar rumah saat memasuki malam tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Bahkan, di malam tersebut biasanya masyarakat Jawa melakukan ritual begadang hingga pagi dan mengisi waktu dengan ritual khusus. Hal inilah yang membuat tidak banyak orang keluar rumah saat malam Jumat Kliwon tiba. Mereka memilih melakukan berbagai ritual khusus yang tidak jarang bersinggungan dengan hal-hal gaib.

Anggapan malam Jumat kliwon sarat kisah mistis ini semakin kuat setelah munculnya film pada 1986 berjudul Malam Jumat Kliwon yang bercerita tentang perempuan yang sedang hamil tua dan disantet. Karena disantet, kehamilannya pindah dari perut ke belakang dan bayi keluar dari punggung. Sang ibu pun menjadi sundel bolong, Film itu diperankan oleh ratu film horor legendaris, alm Suzanna.

Lalu, bagaimana menurut pandangan Islam terkait malam Jumat kliwon ini?

Menurut penjelasan Buya Yahya, malam Jumat kliwon sama seperti malam-malam lainnya dan tidak ada kaitannya dengan hal-hal mistis. Dalam video yang tayang di kanal Youtube Buya Yahya, Jumat memang merupakan hari istimewa bagi umat muslim sedangkan kliwon merupakan hari pasaran Jawa.

“Itu hari [malam Jumat kliwon] enggak ada urusannya dengan apa-apa, kecuali ada keyakinan hari nahas sengsara, itu enggak ada. Semua hari baik di saat kita beribadah dan hari jelek jika kita bermaksiat. Jumat kliwon adalah Jumat-nya hari biasa yang dipaskan dengan kliwon hari Jawa,” terang dia.

Meski malam Jumat kliwon menurut Islam dalam pandangan Buya Yahya adalah hari-hari biasa, terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan umat muslim di hari tersebut maupun di malam Jumat lainnya. Berikut ini beberapa di antaranya.

  • Membaca Surat Al-Kahfi.
  • Membaca Surat Yasin.
  • Berselawat.
  • Memperbanyak Doa kepada Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya