SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Agar menjadi orang tua yang sabar menghadapi sang anak, mereka bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara berdoa.

Pendidikan pola asuh anak atau dikenal dengan parenting perlu dimengerti oleh orang tua. Hal ini bertujuan agar menghasilkan anak-anak yang penurut, saleh, baik budi pekertinya serta mempunyai akhlak yang terpuji.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Namun, terkadang pola asuh yang diberikan orang tua membuat anak berontak dan marah. Tentunya hal ini mengharuskan orang tua menjadi lebih sabar dalam menghadapi anak-anaknya.

Nah, agar sabar dalam menghadapi tingkah laku anak, orang tua bisa membaca doa berikut ini, yang pernah diulas Solopos.com sebelumnya.

Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dun-yaa wal aakhirah. allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fi diini wa dunyaa-ya wa ahlii wa maalii. allahummas-tur ‘au-raatii wa aamin rau-’aatii. allahummah-fadz-nii min baini yadayya wa min khalfii wa ‘an yami inii wa ‘an syimaalii wa min fauqii. wa a-’uudzu bi ‘adzmatika an-ughtaala min tahtii.

Artinya: Ya Allah, Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.

Selain itu, agar menjadi orang tua yang lebih sabar dalam menghadapi anak, mereka juga bisa membaca doa berikut ini yang tertuang dalam Surat Al-Baqarah ayat 250. Doa tersebut juga pernah dibaca Nabi Daud AS.

Wa lammaa barazuu liJaaluuta wa junuudihii qooluu Rabbanaaa afrigh ‘alainaa sabranw wa sabbit aqdaamanaa wansurnaa ‘alal qawmil kaafiriin.

Artinya: Ya Rabb kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang kafir.

Agar semakin sabar dalam menghadapi anak, orang tua juga bisa berdoa meminta Allah SWT agar buah hatinya tumbuh menjadi pribadi yang penurut dan tidak melawan kepada kedua orang tuanya. Berikut ini bacaan doanya yang diperkenalkan oleh Ustaz Ahmad Zahrudin M Nafis dalam sebuah video di kanal Youtubenya

Afaghayra dini llahi yabghuna walahu aslama man fis samawati wal ardi taw’an wakarhan wailayhi yurja’un.

Artinya: Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allah lah mereka dikembalikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya