SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Ketika menjenguk bayi baru lahir, terdapat adab dan doa yang bisa umat Islam baca sesuai sunah yang diajarkan Rasulullah SAW.

Sudah hal yang lumrah terjadi di Indonesia, ketika ada kerabat yang melahirkan atau baru mempunyai anak untuk dijenguk.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain ikut merasakan kegembiraan orang tua, dengan menjenguk bayi juga bisa menjalin silaturahmi antar keluarga.

Namun, perlu kamu ketahui ketika menjenguk bayi baru lahir terdapat adab dan doa yang diajarkan dalam Islam. Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berikut ini doanya yang diambil dari kitab Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar karya dari Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi.

Baarakallaahu laka fil mauhuubi laka wasyakarta al-waahiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu.

Artinya: Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikan-Nya.

Selain doa di atas, ketika menjenguk bayi baru lahir terdapat adab yang harus dipatuhi, termasuk menjaga waktu dan durasi kunjungan agar tidak mengganggu istirahat atau kegiatan orang tuanya.

Dilansir laman resmi Universitas Islam An Nur Lampung, ketika menjenguk bayi baru lahir juga jangan lupa untuk mendoakan bayi dan orang tuanya, memberikan hadiah atau bantuan, menjaga kebersihan dan kesehatan diri, dan memberikan semangat serta motivasi.

Selain itu, bisa menjaga adab dan sopan santun dalam bertindak dan berucap hingga mendoakan kesuksan dan kabahagian keluarga yang dijenguk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya