SOLOPOS.COM - Ilustrasi umat Islam berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam ternyata terdapat doa yang dibaca saat tiba hari Selasa dan dilafalkan setelah subuh. Doa tersebut dimaksudkan agar terhindar dari mara bahaya.

Hal ini dikarenakan terdapat kepercayaan di hari Selasa, Allah akan menciptakan sesuatu yang tidak disukai manusia, seperti penyakit, musibah, dan sebagainya.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Maka dari itu, Rasulullah mengajarkan umat muslim untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan berdoa selepas salat subuh. Hal ini bertujuan agar umat muslim terhindar dari semua perkara yang tidak disukai manusia.

Mengutip unggahan akun Instagram @salman_al_jugjawy, berikut ini bacaan doa di hari Selasa yang dibaca sebanyak tiga kali setelah salat subuh.

Allaahumma yaa kaafiyal balaa’ ikfinal balaa’ qobla nuzuulihi minas samaa’.

Artinya: Ya Allah yang maha menghindarkan dari bala musibah, hindarkan dari kami segala bala musibah sebelum Engkau turunkan (ketentuanya) dari langit.

Setelah membaca doa hari Selasa sebanyak tiga kali itu, dilanjutkan menyebut Ya Allah yang diulang tujuh kali.

Berdasarkan penjelasan kitab At Tadzkirul Musthofa, umat Islam yang membaca doa tersebut, maka tidak akan diturunkan atas petaka hingga Selasa berikutnya dan dijaga selalu hingga Selasa selanjutnya.

Meski dianggap hari turunnya hal yang tidak disukai manusia, di hari Selasa terdapat peristiwa penting dalam sejarah Islam. Beberapa di antaranya, wafatnya Nabi Yahya AS, Nabi Zakariyah AS, dan Siti Khadijah yang merupakan istri Nabi Muhammad SAW yang pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya