SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa saat ibadah haji dan umrah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Ketika melempar jumrah saat ibadah haji, umat Islam disunahkan membaca doa yang diajarkan Rasulullah SAW, kira-kira bagaimana bunyinya?

Seusai melakukan Wukuf di Arafah dan menginap di Muzdalifah, jemaah haji diwajibkan untuk melempar jumrah ula, wustha, dan aqabah. Kegiatan ini berlangsung hingga hari tasyrik, yakni mulai 10 Zulhijah sampai 11, 12, dan 13 Zulhijah di Mina.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mengutip keterangan Kementerian Agama dalam laman resminya, melempar jumrah ini memiliki makna yang mendalam, yakni sebagai lambang melontar iblis yang menjadi musuh manusia yang nyata maupun gaib. Melempar jumrah dilakukan dengan batu-batu kecil yang dikumpulkan di hamparan Muzdalifah. Hukum melempar jumrah ini pun wajib dilakukan oleh jemaah haji, jika tidak dilakukan akan dikenakan denda atau dam.

Nah, saat melempar jumrah, jemaah haji disunahkan untuk membaca doa yang diterangkan Imam Ghazali dalam Ihya berikut ini.

Bismillaahi wallahu akbar, rajman lisysyayaathiini wa ridhan lirrahmaani allhummaj’al hajjan mabruuran wa sa’yan masykuuran.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar. Laknat bagi setan dan keridhaan bagi Allah yang Maha Kasih. Ya Allah, jadikanlah hajiku ini diterima dan sa’iku ini disyukuri.

Doa tersebut dibaca saat melempar jumrah, biak di Ula, Wustah, maupun Aqabah.

Setelah melempar jumrah, jemaah haji juga bisa membaca doa berikut ini.

Alhamdulillaahi hamdan kastiiran thayyiban mubaarakan fiih. Allahumma laa uhshii tsanaa’an ‘alaika arta kamaa atsnaita ‘alaa nafsika. Allahumma ilaika afadhtu wa min ‘adzaabika asyfaqtu wa aqilla ‘atsaratii wastajib da’watii wa a’thinii su’lii. Allahummaj’alhu hajjan mabruuran wa sa’yan masykuuran.

Artinya: Segala puji bagi Allah, pujian yang banyak lagi baik dan membawa berkah di dalamnya. Ya Allah, sekali-kali kami tidak mampu mencakup segala macam pujian untuk-Mu, sesuai pujian-Mu atas diri-Mu. Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah, dari siksa-Mu aku memohon belas kasihan, dan kepadaMu aku berharap dan aku takut, terimalah ibadahku, perbesarlah pahala ku, kasihanilah kerendahan hatiku, terimalah taubat ku, perkecil lah kekeliruanku, perkenankan lah permohonanku dan berikanlah permintaanku. Ya Allah, kabulkanlah, terimalah persembahan kami ini dan janganlah kami dijadikan orang-orang yang berdosa, tetapi masukkan lah kami dalam hamba-Mu yang saleh. wahai Tuhan Yang Paling Pengasih. Ya Allah, Tuhanku, jadikanlah haji ku ini haji yang mabrur dan sa’i ku ini sebagai sa’i yang diterima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya