SOLOPOS.COM - Ilustrasi Al-Qur'an. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik, umat Islam bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara berdoa.

Sebagai umat muslim yang taat, terkadang mereka sering merasa belum memiliki akhlak yang baik. Masih sering meninggalkan ibadah, kerap marah, dan tidak tabah ketika menghadapi ujian.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Padahal sudah seharusnya umat muslim memiliki akhlak yang terpuji di berbagai kondisi. Untuk itu, sebagai wujud permohonan ampun kepada Allah SWT, umat muslim bisa membaca doa.

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), terdapat doa memohon agar bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik daripada sebelumnya. Berikut ini bunyi doanya.

Allaahummahdinii li ahsanil akhlaaq. Laa yahdii lii ahsanihaa illaa anta. Washrif ‘annii sayyi’ahaa. Laa yashrifu ‘anni sayyi’ahaa illaa anta.

Artinya: Ya Allah, bimbimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau.

Cara mengamalkan doa agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik adalah dengan membacanya dalam pembukaan ibadah salatnya. Hal tersebut dilakukan Rasulullah SAW, sebagaimana keterangan dalam riwayat Imam Muslim berikut.

“Salah satu doa Rasulullah saw di awal pembukaan shalat adalah berbunyi, ‘Allaahummahdinii li ahsanil akhlaaq. Laa yahdii lii ahsanihaa illaa anta. Washrif ‘annii sayyi’ahaa. Laa yashrifu ‘anni sayyi’ahaa illaa anta.” (HR Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya