SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Setelah melaksanakan salat sunah syuruq di pagi hari, umat Islam disunahkan membaca doa yang diajarkan Nahdlatul Ulama (NU).

Salat syuruq atau juga dikenal dengan salat isyraq merupakan salat yang dilakukan di waktu Matahar terbit. Menurut Imam al-Ghazali, Imam as-Suyuthi, dan Syekh Alil Muttaqi al-Hindi, salat syuruq bukan salat duha.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), salat syuruq memiliki keutamaan sebagaimana pahala haji dan umrah yang sempurna. Bila dilakukan dalam rangkaian salat subuh secara berjamaah, lalu duduk berzikir sampai terbit Matahari, kemudian baru melakukan salat syuruq dua rakaat.

Setelah melaksanakan salat syuruq, umat muslim bisa membaca doa berikut.

Allaahumma yaa nuurannuuri bit thuur wa kitaabim masthuurin fî riqqim mansyuurin wal baitil ma’mur, as-aluka an tarzuqanii nuuran astahdii bihi ilaika wa adullu bihi ‘alaika wa yashhabunii fi hayaatî wa ba’dal intiqaali min dhalaami misykaatii, wa as-aluka bissyamsi wa dhuhaha wa nafsin wa maa sawwaaha, an taj’ala syamsa ma’rifatika musyriqatam bî laa yahjubuhaa ghaimul auhaami walaa ya’tarîhaaa kusuuful qamaril waahidiyyati ‘indat tamaam, bal adim lahaal Isyraqa wad dhuhuura ‘alaa mamarril ayyaami wad duhuur. Wa shallillaahumma ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin khaatamil anbiyaa-i wal mursaliin. Wal hamdulillaahi rabbil ‘aalamiin. Allaahummaghfir lanaa wa liwaalidiina wa li-ikhwaaninaa fillaahi ahyaa-an wa amwaatan ajma’in.

Artinya: Ya Allah, Wahai Cahayanya Cahaya, dengan wasilah bukit Thur dan Kitab yang ditulis pada lembaran yang terbuka, dan dengan wasilah Baitul Ma’mur, aku memohon padamu atas cahaya yang dapat menunjukkanku kepada-Mu. Cahaya yang dapat mengiringi hidupku dan menerangiku setelah berpindah (ke alam lain; bangkit dari kubur) dari kegelapan liang (kubur) ku. Aku meminta kepada-Mu dengan wasilah matahari beserta cahayanya di pagi hari, dan dengan jiwa dan kesempurnaannya, agar Engkau menjadikan matahari ma’rifat kepada-Mu yang seperti matahari cerahnya bersinar menerangiku, tidak tertutup oleh mendung-mendung keraguan, tidak pula terlintasi gerhana pada rembulan kemahaesaan di kala purnama. Tapi jadikanlah padanya selalu bersinar dan selalu tampak, seiring berjalannya hari dan tahun. Berikanlah rahmat ta’dzim Wahai Allah kepada junjungan kami Muhammad, sang pamungkas para nabi dan rasul. Segala Puji hanya milik Allah Tuhan penguasa alam. Ya Allah ampunilah kami, kedua orang tua kami serta kepada saudara-saudara kami seagama seluruhnya, baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal.

Demikian doa yang dibaca setelah salat syuruq.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya