SOLOPOS.COM - Umat Islam dari berbagai negara melaksanakan wukuf di Jabal Rahmah, Arafah, Arab Saudi, Selasa (27/6/2023). jutaan jamaah haji dari berbagai negara berkumpul di Arafah untuk melaksanakan wukuf yang merupakan rukun haji pada prosesi puncak haji 1444 H. (Antara/Wahyu Putro A.)

Solopos.com, SOLO – Dalam melaksanakan puncak haji, yakni wukuf di Padang Arafah, jemaah haji dianjurkan untuk memperbanyak doa seperti dipanjatkan Rasulullah SAW.

Jemaah haji bakal melaksanakan wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah, yakni tepatnya pada 15 Juni 2024. Saat wukuf, mereka hanya berdiam diri di area, tidak boleh keluar. Dalam keadaan wukuf tersebut, mereka dianjurkan memperbanyak ibadah.

Promosi KUR BRI Dorong Kemajuan Klaster Jambu Kristal di Purworejo

“[Jemaah haji] dianjurkan wukuf dalam keadaan suci, memperbanyak zikir, tahlil, doa, talbiyah, tadarus Al-Qur’an, memperbanyak tadharru (ketundukan hati), merendahkan diri, berdoa terus menerus, lalu menghadap Kakbah dan membentangkan kedua tangan,” tulis Alhafiz Kurniawan menjermahkan keterangan Syekh Nawawi dalam laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Nah, berikut ini doa yang bisa dilafalkan jemaah haji saat wukuf di Arafah seperti dipanjatkan Rasululalh SAW.

Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariikalah. Lahul mulku walahul hamdu wa hua alaa kulli syai’in qadiir. Allaahummaj‘al fî sam‘î nuuraa, wa fî basharii nuuraa, wa fii qalbii nuuraa. Allaahummasyrah lii shadrii, wa yassir lii amrii. Allaahumma innii a‘uudzu bika min wasaawisis shadri, wa min saayi’aatil umuur, wa min adzaabil qabri. Allaahumma innii a‘uudzu bika min syarri maa yaliju fil lail, wa syarri maa yaliju fin nahaar, wa syarri maa tahubbu bihir riihu, wa syarri bawaa’iqid dahri.

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah SWT dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dia memiliki kekuasaan dan berhak atas setiap pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, jadikanlah pendengaranku, penglihatanku, dan hatiku bercahaya. lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku. Aku berlindung kepada-Mu dari bisikan hati, perkara yang buruk, dan dari azab kubur. Aku juga berlindung dari kejahatan yang datang di malam hari dan siang hari. Aku berlindung dari kejahatan yang dibawa angin dan kejelekan zaman.

Selain doa tersebut, saat wukuf di Arafah dianjurkan untuk membaca Surat Al-Hasyr yang merujuk pada riwayat Ali bin Abu Thalib serta bersungguh-sungguh dalam berdoa sebab Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-Nya di Hari Arafah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya