SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi baru lahir. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Orang tua yang anaknya meninggal dunia terlebih dahulu tentu merasa sedih. Padahal dalam Islam, jika orang tua yang sabar ketika ditinggal anaknya meninggal dahulu, ganjarannya adalah pahala surga.

Kesedihan yang mendalam karena anaknya meninggal dunia kerap dirasakan oleh ayah maupun ibu. Hal ini juga dirasakan oleh aktris Tamara Tyasmara yang baru saja ditinggal putra semata wayangnya meninggal dunia pada Sabtu (27/1/2024) karena insiden tenggelam di kolam renang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tentunya hal ini akan membuat hati para orang tua remuk. Bahkan, kesedihan tersebut bisa berlarut hingga berganti hari.

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), dalam Islam, bagi orang tua yang ditinggal anaknya meninggal dunia terlebih dahulu akan mendapatkan pahala surga baginya.

“Dari sahabat Anas ra, ia berkata, Rasulullah saw bersabda, ‘Tiada seorang muslim yang ditinggal meninggal dunia oleh 3 anaknya yang belum mencapai dewasa melainkan Allah akan memasukannya ke dalam surga oleh kemurahan rahmat-Nya terhadap mereka,’” (HR Bukhari, Muslim, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

Rasulullah pada hadis berikut ini menjelaskan bahwa anak yang meninggal terlebih dahulu nanti akan menunggu kedua orang tuanya di akhirat. Anak tersebut menanti kedua orang tuanya untuk kemudian mengajak mereka ke dalam surga. Kalau pun tidak ada anak yang meninggal terlebih dahulu, orang tua tidak perlu khawatir karena mereka akan disambut oleh Rasulullah saw.

“Dari sahabat Ibnu Abbas ra, ia mendengar Rasulullah saw bersabda, ‘Siapa saja yang memiliki dua anak yang menunggu (di akhirat karena meninggal lebih dulu) di kalangan umatku, niscaya Allah memasukkannya ke surga sebab keduanya.’ Aisyah bertanya, ‘Kalau hanya seorang anak yang meninggal Ya Rasulullah?’ ‘Demikian juga orang tua yang memiliki seorang anak yang meninggal Wahai perempuan yang mendapat taufiq,’ jawab Rasulullah. ‘Kalau tidak memiliki anak meninggal di kalangan umatmu?’ ‘Aku yang akan menyambut umatku dan mereka tidak akan merasakan musibah seperti (penderitaan yang) kurasakan,’” (HR At-Tirmidzi).

Kementerian Agama (Kemenag) dalam laman resminya, Rasulullah SAW menyebutkan pahal besar juga akan diterima oleh orang tua yang bersabar ketika anaknya meninggal dunia. Allah SWT menyiapkan istana megah bagi mereka karena memuji dan memulangkan urusan kematian anaknya kepada Allah SWT.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya