SOLOPOS.COM - Ilustrasi doa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dikenal sebagi momen yang istimewa dan penuh keutamaan bagi umat Islam, kira-kira kapan jadwal Jumat terakhir bulan Rajab pada 2024?

Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt. Dalam penanggalan Islam, bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dan pada tahun ini jatuh pada 13 Januari 2024. Dalam Islam, Rajab termasuk empat dari bulan-bulan haram, bulan yang suci dan mulia, yakni Muharram, Rajab, Zulhijah, Zulkaidah, terakhir bulan Syakban.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. (QS At-Taubah:36)

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), banyak amalan, doa, dan ritual lain yang diajarkan para ulama di bulan Rajab. Salah satunya adalah amalan di Jumat terakhir bulan Rajab, lalu kapan waktu tersebut tiba pada 2024?

Berdasarkan Kalender Islam (Hijriah) pada 2024, Jumat terakhir bulan Rajab 2024 jatuh pada tanggal 9 Februari 2024. Berikut ini kalender bulan Rajab selengkapnya.

  • Awal Rajab: Sabtu, 13 Januari 2024.
  • Jumat terakhir Rajab: 9 Februari 2024.
  • Akhir Rajab: Sabtu, 10 Februari 2024.
  • Awal Syakban: Minggu, 11 Februari 2024.

Setelah mengetahui kapan Jumat terakhir bulan Rajab 2024, berikut ini amalan yang bisa dibaca di waktu tersebut.

Ahmad Rasuulullaah Muhammad Rasuulullaah.

Artinya: Ahmad utusan Allah, Muhammad utusan Allah.

Amalan tersebut dibaca sebanyak 35 kali saat khatib duduk di antara khutbah kedua salat Jumat. Amalan tersebut keutamaannya adalah agar di sepanjang tahun uang di tangan kita tidak habis untuk memenuhi segala kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya