SOLOPOS.COM - Buah pisang kaya manfaat. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebuah studi tahun 2022 di Food Science & Nutrition menemukan bahwa kandungan serat dalam pisang, terutama serat larut seperti pektin, dapat membantu pengaturan tekanan darah dengan menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Dilaporkan laman Eating Well pada Senin (2/10/2023), buah ini menyediakan trio elemen yang meningkatkan kesehatan yaitu potasium yang memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah, sehingga sangat penting untuk kesehatan jantung.  Magnesium mendukung fungsi otot dan saraf yang juga mendukung kesehatan kardiovaskular anda.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, vitamin C dalam pisang yang dikenal dengan sifat antioksidannya membantu melindungi sel dari kerusakan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa katekin pada pisang juga telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi endotel, yang berarti membantu sel-sel yang melapisi pembuluh darah kita bekerja lebih efisien. Hal ini dapat berkontribusi untuk menurunkan tekanan darah.

Caroline Young, RD, ahli diet terdaftar dan pemilik Whole Self Nutrition mengatakan pisang adalah sumber potasium yang baik, yang menurut penelitian dapat membantu menurunkan tekanan darah karena membantu menurunkan kadar natrium dalam tubuh dan mengendurkan pembuluh darah Anda.

“Namun, meningkatkan sumber potasium, termasuk pisang, bisa berbahaya bagi penderita penyakit ginjal. Ingatlah untuk berbicara dengan dokter anda atau ahli diet terdaftar sebelum mencoba sesuatu yang baru,” katanya dikutip dari Antara pada Rabu (4/10/2023).

Meskipun pisang menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan jantung, makan berlebihan dapat menyebabkan asupan kalori berlebihan, sehingga berpotensi mengimbangi manfaat pisang.

Usahakan paling banyak satu hingga dua buah pisang berukuran sedang setiap hari. Asupan ini memberikan dosis potasium, serat, dan nutrisi penting lainnya yang sehat tanpa berlebihan.

“Tidak ada jumlah pisang tertentu yang bisa dimakan untuk menurunkan tekanan darah, dan saya sarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan anda tentang kebutuhan potasium unik Anda,” kata Young.

Rata-rata orang dewasa berusia 19 tahun hingga 50 tahun membutuhkan antara 2.600 dan 3.400 miligram potasium per hari, dan satu buah pisang berukuran besar mengandung hampir 500 miligram potasium.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, Young menyarankan untuk mengonsumsinya lebih sering. Tambahkan pisang ke sereal sarapan, oatmeal atau roti panggang. Pasangkan dengan selai kacang untuk camilan yang seimbang dan lezat, atau makan dengan es krim untuk hidangan penutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya