SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit ginjal. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar terhindar dari penyakit kanker ginjal seperti diidap Vidi Aldiano, sebaiknya ketahui apa saja penyebab atau pemicunya? Untuk menjaga kesehatan ginjal, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagai informasi, pada 2019, Vidi Aldiano menjalani operasi karena mengidap penyakit kanker ginjal. Operasi tersebut berupa pengangkatan ginjal bagian kiri yang terserang kanker.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Sebelum divonis menderita kanker, Vidi Aldiano sempat terkena kista. Namun, seiring berjalannya waktu kista itu berkembang menjadi penyakit lain, yakni kanker yang menggerogoti ginjal kirinya. Penyakit itulah yang membuat Vidi Aldiano sering bolak-balik ke Singapura.

Sebelum mengetahui penyebabnya, ketahui terlebih dahulu definisi kanker ginjal yaitu kondisi medis berupa tumbuhnya sel kanker pada organ ginjal. Di mana, ginjal merupakan sepasang organ tubuh yang terletak pada bagian belakang perut dan berfungsi untuk menyaring darah serta memproduksi urine.

Dikutip dari siloamhospitals.com pada Selasa (19/9/2023), seseorang yang mengalami kanker ginjal akan mengeluhkan beberapa gejala, seperti munculnya darah pada urine, tekanan darah tinggi (hipertensi), serta nyeri pada area punggung bawah.

Kanker ginjal akan lebih mudah ditangani apabila kondisinya terdeteksi sedini mungkin. Oleh karenanya, mengenal serta mewaspadai kanker ginjal menjadi hal yang penting untuk Anda lakukan.

Berdasarkan awal letak pertumbuhannya, kanker ginjal dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, yaitu:

– Renal cell carcinoma (RCC), yaitu jenis kanker yang awalnya tumbuh pada lapisan tubulus ginjal. Jenis kanker ginjal ini paling sering dialami oleh orang dewasa.
– Transitional cell carcinoma, yaitu jenis kanker yang tumbuh di bagian pertemuan ureter dan ginjal. Kanker jenis ini juga dapat tumbuh pada bagian ureter dan kandung kemih.
– Renal sarcoma, merupakan jenis kanker yang berawal pada jaringan ikat di sekitar ginjal. Renal sarcoma merupakan jenis kanker ginjal yang paling jarang terjadi.
– Wilms tumor, merupakan jenis kanker ginjal yang paling sering dialami oleh anak-anak.

Penyebab kanker ginjal hingga kini masih belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli menduga bahwa penyebab dari kanker ginjal adalah adanya mutasi sel pada ginjal. Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kanker ginjal, yaitu:

– Riwayat keluarga kandung yang mengidap kanker ginjal.
– Kebiasaan merokok.
– Usia. Pertambahan usia diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker ginjal.
– Obesitas atau berat badan berlebih.
– Perawatan hemodialisis dalam jangka waktu lama yang dilakukan sebagai tindakan medis untuk gagal ginjal.
– Tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Setelah tahu penyebabnya, ketahui gejala kanker ginjal stadium awal umumnya tidak dapat dideteksi dengan mudah. Gejala kanker ginjal biasanya baru muncul setelah tumor tumbuh dan berkembang, seperti:

– Demam.
– Kehilangan nafsu makan.
– Nyeri pada bagian punggung bawah yang tidak kunjung menghilang.
– Munculnya benjolan pada area pinggang atau perut bagian bawah.
– Munculnya darah pada urine.
– Berat badan turun drastis tanpa sebab.
– Lemas dan mudah lelah.
– Anemia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya