SOLOPOS.COM - Ilustrasi masjid. (Reuters)

Solopos.com, SOLO – Khutbah Jumat edisi 19 Januari 2024 kali ini mengangkat tentang keutamaan Rajab, bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Khutbah Jumat merupakan salah satu rukun yang harus dilakukan umat muslim saat salat Jumat. Selain khutbah, rukun salat Jumat lainnya ada membaca hamdalah, selawat kepada Nabi Muhammad SAW, membaca petikan ayat suci Al-Qur’an, berwasiat dan memohon ampunan untuk kaum muslimin.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Dalam Islam, Rajab termasuk empat dari bulan-bulan haram, bulan yang suci dan mulia, yakni Muharram, Rajab, Zulhijah, Zulkaidah, terakhir bulan Syakban. “Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya 4 bulan haram.” (QS At-Taubah: 36).

Untuk lebih mengetahui keutamaan apa saja di bulan Rajab, berikut ini contoh khutbah Jumat edisi 19 Januari 2024 yang Solopos.com kutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Khutbah Jumat Keutamaan Bulan Rajab

Hadirin sidang Jumat yang dimuliakan Allah.

Pertama sekali marilah kita bersyukur ke hadirat Allah yang telah memberikan berjuta kenikmatan kepada kita sekalian, sehingga masih bisa melaksanakan Shalat Jumat di masjid yang mulia ini.

Shalawat serta salam, semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad yang telah membimbing kita menuju dunia yang terang dan jelas, yaitu addinul Islam. Semoga kita selalu mencintainya dan bershalawat kepadanya sehingga kita diakui sebagai umatnya yang mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti, amin.

Hadirin sidang Jumat yang dimuliakan Allah.

Selaku khatib kami mengajak kepada hadirin sekalian dan diri kami pribadi, marilah kita selalu berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah dengan terus berusaha menjalankan seluruh perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Semoga Allah selalu memberikan bimbingan dan kekuatan kepada kita sehingga kita selau dalam keimanan dan ketakwaan kepada-Nya. Amin.

Hadirin sidang Jumat yang dimuliakan Allah.

Pada khutbah kali ini khatib ingin menyampaikan judul khutbahnya yaitu, Keutamaan Rajab. Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah swt. Dan, ada banyak peristiwa penting yang terjadi pada Rajab. Di antaranya adalah Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw, turunnya syariat shalat 5 waktu, dan perubahan arah kiblat.

Saat Rajab, Rasulullah melakukan ibadah dengan lebih semangat dan berusaha mempersiapkan penyambutan bulan mulia dengan ibadah yang dilakukan. Doa-doa khusus Rajab pun dipanjatkan kepada Allah. Dengan penyambutan Rajab yang demikian mengandung arti bahwa Rajab adalah bulan spesial yang memiliki keutamaan-keutamaan yang patut dimengerti oleh kita sebagai umat Islam.

Hadirin sidang Jumat rahimakumullah.

Agar lebih baik dan lebih semangat serta penuh keyakinan dan harapan, dalam ibadah-ibadah yang dilakukan dalam Rajab ini, ada baiknya mengetahui lebih dalam keutamaan-keutamaan Rajab. Di antaranya adalah:

Pertama, membaca doa khusus memasuki Rajab.

Ketika memasuki Rajab, Nabi Muhammad berdoa khusus. Karena itu sebagi umat Nabi Muhammad, mari memperbanyak doa atas kedatangan Rajab, salah satu bulan yang dimuliakan Allah.

Kedua, dianjurkan untuk beribadah puasa.

Saat Rajab, Rasulullah mencontohkan berpuasa. Ini sekaligus latihan dalam rangka menyongsong Ramadhan.

“Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah! Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah! Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah!.” (HR Abu Dawud).

Ketiga, Allah melipatgandakan pahala ibadah di Rajab.

Manusia dan jin diciptakan Allah untuk beribadah kepada-Nya, sehingga bagi manusai, apa pun aktivitasnya merupakan aktivitas yang bernilai ibadah kepada Allah swt. Dan saat Rajab tiba penting untuk diketahui bahwa ibadah-ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya.

Keempat, bersedekah membantu melonggarkan beban orang lain.

Banyak keutamaan bersedekah seperti memadamkan murka Allah, menolak bala, melancarkan dan memperbanyak rezeki, memanjangkan umur serta mendatangkan keberkahan dalam kehidupan di dunia dan akhirat.

Terlebih bersedekah membantu beban orang lain dengan ikhlas saat Rajab, akan dibangunkan istana di Surga Firdaus oleh Allah swt. Untuk itu marilah bersedekah dan berbuat baik sejauh kemampuan di Rajab ini.



Kelima, menjaga diri untuk tidak berbuat dzalim.

Pada Rajab ini Allah memerintahkan umat Islam untuk menjada diri dari kedzaliman baik dilakukan oleh diri sendiri kepada dirinya maupun kepada orang lain. Allah juga melarang untuk berperang yang dilakukan dalam Rajab.

Hadirin Sidang Jumat yang dimuliakan Allah.

Demikian khutbah Jumat edisi 19 Januari 2024 tentang keutamaan bulan Rajab yang singkat ini, semoga kita bisa memahamai lebih dalam tentang keutamaan-keutamaan Rajab yang dapat dijadikan pijakan dalam melakukan kebaikan. Semoga Allah memudahkan dan memberi kekuatan serta semangat kepada kita dalam menjalani ibadah-ibadah di Rajab ini. Amin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya