SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita mengalami insomnia. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Sebagian wanita yang mengalami menopause dapat mengalami insomnia atau gangguan tidur di malam hari. Tapi tenang ada sejumlah makanan yang bisa mencegah hal itu. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sekitar 25% wanita mengalami masalah tidur selama menopause yang dapat berdampak pada kesejahteraan dan dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda secara signifikan.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Oleh karena itu, diet seimbang dapat membantu mengendurkan otot, meredakan hot flashes, dan meningkatkan kualitas tidur.

Melansir dari Hindustan Times dan Bisnis.com pada Jumat (22/12/2023), berikut makanan yang dapat membantu mengatasi insomnia selama menopause:

1. Almond dan kacang mete

Magnesium dapat meningkatkan tidur dengan mengatur ritme sirkadian tubuh Anda, yang dikenal sebagai jam alami tubuh, dan meningkatkan relaksasi otot. Oleh karena itu, cobalah makanan seperti jahe, almond, kacang mete, dan biji wijen.

2. Pistachio dan biji rami

Makanan untuk cegah insomnia bagi wanita menopause berikutnya adalah pistachio dan biji rami. Vitamin E membantu mengurangi keringat saat malam hari dan hot flashes yang membantu Anda tidur nyenyak di malam hari. Vitamin E mudah ditemukan di almond, kelapa, biji rami, pistachio, dan biji bunga matahari.

3. Produk kedelai

Isoflavon yang ditemukan dalam produk kedelai dan meniru estrogen, dapat membantu mengurangi hot flashes dan gejala menopause lainnya, sehingga meningkatkan kualitas tidur.

4. Omega-3

Semua makanan mengandung omega-3 bisa cegah insomnia pada wanita menopause. Omega-3 merupakan asam lemak sehat yang dapat meningkatkan suasana hati dan gangguan tidur. Kandungan omega-3 terdapat di ikan, bajra, barley maize dan ragi.

5. Vitamin C dan selenium

Vitamin C dan selenium adalah nutrisi yang dikaitkan dengan tidur. Vitamin C dapat ditemukan dalam makanan seperti buah jeruk, stroberi, paprika, dan brokoli. Selenium ditemukan dalam daging, biji-bijian, produk susu, telur, dan kacang Brasil.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Makanan Cegah Insomnia Selama Menopause

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya