SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam, terdapat beberapa amalan yang bisa dilaksanakan umat muslim saat malam Nisfu Syakban yang tahun ini jatuh pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Nisfu Syakban merupakan salah satu hari yang istimewa. Pasalnya, di hari tersebut diyakini semua dosa akan dihapuskan bagi mereka yang memohon ampunan. Hal ini juga tercantum dalam hadis Rasulullah SAW berikut ini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Apabila tiba malam Nisfu Syakban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya.” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman).

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), bertepatan dengan awal bulan Syakban 1445H jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024, maka Nisfu Syakban jatuh pada Minggu, 25 Februari 2024 yang bertepatan dengan 15 Syakban. Maka dari itu, untuk malam Nisfu Syakban jatuh pada Sabtu, 24 Februari 2024 yang mana umat muslim bisa melakukan beberapa amalan. Berikut ini tiga amalannya.

  • Perbanyak Syahadat

Saat malam Nisfu Syakban, umat muslim bisa memperbanyak dua kalimat syahadat.

“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah, khususnya bulan Syakban dan malam pertengahannya,” bunyi penjelasan Sayyid Muhammad bin Alawi dalam kitab Ithmi’naanul Quluub Bidzikri ‘Allaamil Ghuyuub.

  • Perbanyak Istigfar

Amalan kedua ketika malam Nisfu Syakban 2024 adalah memperbanyak istigfar. Kalimat mohon pengampunan ini merupakan bentuk pengakuan kelemahan manusia kepada Allah SWT. Untuk senantiasa mengingatkan kita bahwa manusia menjadi mahkluk yang tak luput dari dosa.

“Istigfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Syakban dan malam pertengahannya. Istigfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Pada bulan Syakban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan,” demikian penjelasan Sayyid Muhammad bin Alawi.

  • Berdoa

Amalan terakhir saat malam Nisfu Syakban 2024 adalah dengan berdoa. Hal ini dikarenakan malam Nisfu Syakban merupakan malam dijabahnya doa dan hajat umat muslim. Sebagaimana hadis riwayat Abu Bakar RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“(Rahmat) Allah swt turun ke Bumi pada malam Nisfu Syakban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).” (HR al-Baihaqi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya