SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak mengalami demam. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Untuk menjaga kesehatan anak, sebaiknya orang tua mengetahui apa itu adenovirus yang bikin anak kedua Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dirawat di rumah sakit. Simak ulasannya di info sehat berikut ini.

Sebagaimana diketahui putra pasangan selebritas Nagita Slavina dan Raffi Ahmad ini sempat mengalami demam hingga 40 derajat Celsius. Melihat kondisi Cipung yang mengkhawatirkan, keluarga memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit. Bayi yang belum genap berusia 2 tahun itu sudah menjalani pemeriksaan termasuk ronsen. Dokter mendapati ada radang di paru yang kemungkinan disebabkan antara bakteri atau virus.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Ternyata ada virus dalam tubuh anak Raffi Ahmad itu. Akibat Adenovirus, Cipung harus bermalam di rumah sakit hingga keadaannya membaik.

Untuk tahu apa itu Adenovirus ketahui dulu definisinya. Hampir setiap orang pernah mengalami batuk, demam, hingga sakit tenggorokan. Sakit yang dialami ini sebenarnya disebabkan oleh infeksi Adenovirus.

Dikutip dari Bisnis.com pada Sabtu (7/10/2023), Adenovirus adalah sekelompok virus umum yang menginfeksi lapisan mata, saluran udara dan paru-paru, usus, saluran kemih, dan sistem saraf. Virus ini kemudian menyebabkan terjadinya demam, batuk, sakit tenggorokan, diare, dan mata merah.

Infeksi ini pada umumnya lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan orang dewasa. Kebanyakan anak-anak akan memiliki setidaknya satu jenis infeksi adenovirus ketika mereka berusia 10 tahun. Para peneliti telah mengidentifikasi sekitar 50 jenis adenovirus yang dapat menginfeksi manusia.
nfeksi adenovirus terjadi sepanjang tahun, tetapi cenderung mencapai puncaknya pada musim dingin dan awal musim panas. Infeksi Adenovirus akan berkisar dari ringan hingga parah.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah, atau memiliki penyakit pernapasan atau jantung, berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah akibat infeksi Adenovirus.

Agar semakin tahu apa itu Adenovirus, ketahui virus ini memiliki gejala umum sebagai berikut:

Sebagai informasi, setiap jenis adenovirus dapat memiliki gejala secara berbeda.

1. Bronkitis: Batuk,  pilek, demam, menggigil.

2. Pilek dan infeksi pernapasan lainnya: Hidung tersumbat dan berair, batuk, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar.

3. Croup: kesulitan bernapas, ada suara bernada tinggi saat menarik napas.

4. Infeksi telinga: Sakit telinga, bekas merah, dan demam.

5. Mata merah muda ( konjungtivitis ): Mata merah, keluar cairan dari mata, dan terasa seperti ada sesuatu di mata.

6. Pneumonia: Demam, batuk, kesulitan bernapas.

7. Infeksi lambung dan usus: Diare, muntah , sakit kepala, demam, perut kram.

8. Pembengkakan otak dan sumsum tulang belakang (meningitis dan ensefalitis): Sakit kepala, demam, leher kaku, mual , dan muntah (jarang terjadi).

9. Infeksi saluran kemih: Rasa terbakar dan nyeri saat buang air kecil, sering ingin buang air kecil, ada darah dalam urin.

Adenovirus sangat menular untuk itu dapat melakukan pencegahan dengan tidak melakukan kontak fisik dengan orang yang terinfeksi.

Agar terhindar dan semakin tahu apa itu Adenovirus, ketahui cara penularannya sebagai berikut:

1. Kontak fisik

Virus ini dapat menyebar dari orang ke orang lain melalui jabat tangan, ciuman, atau pelukan.

2. Udara

Agar tahu apa itu Adenovirus, ketahui pula bahwa virus ini dapat menyebar melalui bersin dan batuk. Droplet pernapasan yang dikeluarkan saat bersin dan batuk dapat berpindah ke orang lain melalui udara.

3. Permukaan Benda atau Media

Setelah menyentuh permukaan yang terkontaminasi, kamu dapat tertular virus dengan menyentuh mata , hidung, atau mulut sebelum mencuci tangan.

4. Kotoran (tinja)

Virus dapat menyebar melalui tinja orang yang terinfeksi. Misalnya, kamu bisa tertular saat mengganti popok bayi.



5. Air

Virus dapat menyebar melalui air yang tidak mengandung klorin. Misalnya, jika seseorang yang terinfeksi adenovirus berenang di kolam renang tanpa klorin yang cukup, mereka dapat menyebarkan virus tersebut. Namun penyebaran seperti ini tidak umum terjadi.

Infeksi Adenovirus tidak memerlukan pengobatan khusus. Kebanyakan infeksi bersifat ringan dan hanya memerlukan penanganan pada gejalanya.  Untuk meredakan gejalanya, dapat meminum obat penurun demam dan pereda nyeri yang saat ini telah dijual banyak di apotik. Selain itu, pastikan untuk banyak minum air putih dan banyak istirahat.

Namun, apabila infeksi Adenovirus semakin parah kamu dapat mendatangi rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kenali Infeksi Adenovirus, Penyebab Terjadinya Demam, Diare Hingga Penyakit Lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya