SOLOPOS.COM - ilustrasi wanita hamil. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Istilah pseudocyesis atau kehamilan palsu sedang jadi pembicaraan warganet setelah ada video viral di Instagram, lalu kondisi apa itu? Simak ulasannya di tips kehamilan kali ini.

Dikutip dari akun Instagram @viralno.1, akun tersebut membagikan video mengenai kasus kehamilan palsu yang ternyata ada penjelasan medisnya. Video tersebut lantas menuai pro kontra dari warganet. “Ini mngkn krna sblmnya gk prnh USG.. USG udh usia tua,, klo tiap bulan USG psti gak kya gini pnjelasan nya.. Trima ksih dok, dpt ilmu bru, trnyta ad hamil palsu..amit2.. Astaghfirullah,” tulis @ratih*** di kolom komentar dikutip pada Rabu (13/9/2023).

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Namun ada pula yang tidak mempercayai penjelasan medis tersebut. “Stop memfitnah?.. lha tetengga q rutin USG.. janin normal masuk 8 bulan hilang.. perut kempes sendiri. Stelah mlm dapat mimpi,” tulis akun @masnix***.

Lalu apa sih sebenarnya pseudocyesis itu? Dikutip dari flo.health, Rabu (13/9/2023), kehamilan palsu merupakan kelainan gejala somatik langka di mana wanita mengira dirinya hamil. Wanita akan mengalami gejala kehamilan, seperti penambahan berat badan, mual di pagi hari, perutnya membesar, mudah tersinggung, sering buang air kecil, mengalami perubahan payudara, dan nyeri payudara, meskipun tidak sedang mengandung.

Dikutip dari osmosis.org , penyebab pseudocyesis yaitu perubahan psikologis dan neuroendokrin. Menurut penelitian, penderita kelainan ini mengalami keinginan yang berlebihan untuk hamil. Pseudocyesis dituimbulkan oleh faktor-faktor lainnya seperti hilangnya kesuburan, keguguran, trauma fisik (misalnya pelecehan seksual), atau faktor sosial (misalnya tekanan keluarga). Hal tersebut  mengubah regulasi hormonal pada individu sehingga menyebabkan perubahan endokrin yang dapat menjelaskan tanda dan gejala kehamilan palsu.

Untuk semakin mengetahui apa itu pseudocyesis yang bisa dialami ibu hamil, ketahui pula cara mendeteksinya? Dikutip dari bannerhealth.com, cara mengetahui seseorang mengalami kehamilan palsu adalah melalui tes kehamilan atau USG. Cara lainnya yaitu evaluasi psikologis untuk mengetahui apakah hal tersebut berkaitan dengan pseudocyesis atau medis lainnya.

Dikutip dari Web MD, berikut ini adalah gejala pseudocyesis, antara lain :

– Wanita dengan pseudocyesis akan mengalami gejala seperti orang sedang hamil, antara lain:
– Gangguan periode menstruasi
– Perut bengkak
– Payudara membesar dan empuk, perubahan pada puting, dan kemungkinan produksi ASI
– Perasaan gerakan janin
– Mual dan muntah
– Pertambahan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya