SOLOPOS.COM - Daun kelor. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Tanaman kelor, terutaman daunnya dipercaya masyarakat bisa mengusir jin dan hal ini menimbulkan pertanyaan di publik, benarkah demikian?

Tanaman yang memiliki nama latin Moringa oleivera. Lamk ini merupakan tumbuhan asli India Utara dan saat ini tersebar luas di seluruh wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di Tanah Air, masyarakat memanfaatkan kelor sebagai sayuran, tanaman pagar, atau sekadar batas tanah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Di Al-Qur’an, ciri-ciri tanaman kelor ini dipercaya tertulis dalam Surat Al Fath ayat 29. Dari hal tersebut, banyak kepercayaan yang menyebut tanaman itu bisa mengusir jin dan mengatasi hal-hal mistis lainnya.

Lalu, benarkah kelor, terutama daunya bisa mengusir jin?

Mengutip artikel yang tayang di laman resmi SMPN 1 Salatiga, memang diketahui daun kelor dipercaya bisa mengusir dan mengalahkan makhluk halus. Dengan makan daun kelor, kesaktian kekuatan makhluk halus yang menempel di tubuh manusia disebut-sebut akan hilang. Oleh karena itu, makhluk halus takut dengan sentuhan atau pun mengonsumsi daun kelor tersebut.

Keyakinan ini semakin kuat jika orang bersangkutan memiliki ilmu kesaktian dan berada di kondisi sakaratul maut. Untuk menghilangkan ilmu-ilmu tersebut, orang tersebut disapu atau diusapkan dengan daun kelor di bagian kedua kakinya supaya dapat meninggal dengan tenang.

Kadangpula ada juga masyarakat yang menaruh seikat daun kelor di atas pintu masuk rumahnya karena mereka percaya bahwa daun kelor dapat menolak kedatangan makhluk halus / sebagai tolak bala.

Terkait benar atau tidaknya tanaman kelor terutama daunnya bisa mengusir jin, dalam artikel yang ditulis Natalia AS Paga di Quora, kelor memiliki muatan positif, sedangkan makhluk halus mempunyai muatan negatif.

“Nah karena kelor memiliki muatan energi positif, makanya dipakai untuk mengusir setan yang penuh dengan energi negatif. Keduanya tolak menolak. Begitu juga ada saran bahwa ketika kita diserang roh jahat, dengan berbaring di tanah atau lantai akan membantu proses pengusiran setan,” bunyi penjelasan Natalia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya