SOLOPOS.COM - Ilustrasi berniat puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Jadwal, niat, dan keutamaan puasa sunah Tarwiyah banyak bikin penasaran umat Islam mengingat sebentar lagi Hari Raya Iduladha 2023 tiba.

Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023 yang bertepatan dengan 10 Zulhijah 1444 H. Sebelum Hari Raya Iduladha, umat muslim disunahkan untuk melakukan puasa di 10 hari pertama di bulan Zulhijah, termasuk puasa sunah Tarwiyah yang dilaksanakan pada 8 Zulhijah.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), terdapat tiga pendapat mengenai penamaan puasa Tarwiyah di 8 Zulhijah ini. Beberapa di antaranya, perenungan Nabi Adam ketika membangun Ka’bah, perenungan mendalam Nabi Ibrahim setelah bermimpi untuk diperintah menyembelih anaknya, serta perenungan orang haji mengenai doa-doa yang hendak dipanjatkan pada hari Arafah natni.

Di hari spesial tersebut, banyak umat muslim yang mencari tahu tentang niat, keutamaan, dan jadwal puasa Tarwiyah 2023.

Terkait jadwalnya sesuai dengan keputusan pemerintah 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada 29 Juni 2023, maka puasa Tarwiyah bisa dilakukan pada Selasa, 27 Juni 2023. Sementara itu, untuk Muhammadiyah yang memutuskan 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023, puasa Tarwiyah dilaksanakan pada Senin, 27 Juni 2023.

Umat muslim yang melaksanakan puasa Tarwiyah ini terdapat dua keutamaan. Menurut penjelasan Kementerian Agama (Kemenag) dalam laman resminya, dua keutamaan tersebut adalah menghapus dosa setahu sebelumnya serta mendapatkan pahala seperti pahala yang diperoleh Nabi Ayyub ketika tertimpa penyakit kusta.

Setelah mengetahui keutamaan dan jadwalnya, berikut ini bacaan niat puasa Tarwiyah 2023 yang dibaca pada malam hari hingga menjelang Subuh di keesokan harinya.

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati yaumit tarwiyah lillaahi ta‘aalaa.

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya