SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Menjelang 10 Muharram 1445 H yang bertepatan pada Jumat, 28 Juli 2023, banyak umat Islam yang belum tahu mengenai jadwal dan niat puasa sunah Tasua dan Asyura yang memiliki banyak keutamaan.

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Bahkan, Muharram dijuluki sebagai syahrullah alias bulan Allah.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Dilansir laman resmi Nahdlatul Ulama atau NU online, Muharram dikatakan mulia karena terdapat amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan umat muslim, yakni berpuasa. Keutamaan menjalankan puasa Muharram sangat banyak, seperti menjadi puasa paling utama, termasuk dalam keutamaan berpuasa di bulan-bulan mulia, pahalanya seperti berpuasa 30 hari, bisa menjadi pelebur dosa, hingga menjadi pembeda umat Islam dengan Yahudi.

Terdapat dua jenis puasa sunah di bulan Muharram, yakni puasa Tasua dan puasa Asyura. Lalu, kapan jadwalnya umat muslim bisa melaksanakan puasa Tasua dan Asyura yang memiliki banyak keutamaan tersebut?

Umat muslim bisa berpuasa Tasua di 9 Muharram yang bertepatan pada Kamis, 27 Juli 2023, sedangkan puasa Asyura pada 10 Muharram pada 28 Juli 2023.

Puasa Tasua dan Asyura juga memiliki keutamaan yang luar biasa. Dalam sebuah hadis disebutkan menjalankan puasa Asyura bisa meleburkan dosa satu tahun sebelumnya. Bahkan, ada pula hadis yang berbunyi sebagai berikut,

“Barangsiapa puasa tanggal 10 Muharram, maka mendapatkan pahala 10.000 malaikat, 10.000 orang yang haji dan umrah dan 10.000 orang yang mati sahid.”

Selain itu, ada pula hadis yang menyebut puasa yang paling utama setelah Ramadan adalah berpuasa di bulan Muharram. “Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata: ‘Rasulullah SAW bersabda: Puasa yang paling utama setelah Ramadan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan salat yang paling utama setelah salat fardu adalah salat malam.” (HR Muslim).

Setelah mengetahui jadwal dan keutamaannya, berikut ini niat puasa Asyura dan Tasua yang dilaksanakan pada Kamis, 27 Juli 2023 dan Jumat, 28 Juli 2023.

Niat Puasa Tasua dan Asyura

Niat Puasa Tasua

Nawaitu shauma Taasuu’aa-a lilaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya niat puasa Tasu’a karena Allah ta’ala.

Niat Puasa Asyura

Nawaitu shauma aasyuuraa-a lilaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya niat puasa Asyura karena Allah ta’ala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya