SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit telinga kanan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Jika kamu merasakan sakit pada telinga, termasuk telinga kanan, waspada dan cari tahu penyebabnya.

Telinga sakit sebelah kanan dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, mulai dari penumpukan kotoran hingga gendang telinga pecah. Jika dibiarkan, masalah ini dapat memicu terjadinya gangguan pendengaran. Oleh karena itu, telinga sakit perlu ditangani sesuai dengan penyebabnya.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Sakit telinga biasanya muncul pada salah satu telinga, termasuk telinga sakit sebelah kanan. Kondisi ini bisa terjadi secara bertahap atau mendadak dan umumnya akan membaik dengan sendirinya.

Namun, keluhan sakit telinga yang disertai dengan penurunan pendengaran, demam, pusing, sakit kepala, hingga kehilangan keseimbangan, tidak boleh dibiarkan dan harus ditangani supaya kondisinya tidak makin parah.

 

Penyebab Telinga Kanan Sakit

Dikutip dari laman Alodokter, telinga berfungsi untuk menangkap suara dan menjaga keseimbangan tubuh. Organ ini terdiri oleh 3 bagian, yakni telinga luar, tengah, dan dalam. Gangguan pada salah satu bagian telinga tersebut dapat menyebabkan keluhan, termasuk telinga kanan. Berikut ini adalah beberapa penyebab telinga kanan sakit

 

1. Penumpukan kotoran telinga

Kotoran telinga berfungsi untuk melindungi telinga dari debu dan menghambat pertumbuhan bakteri. Namun, penumpukan kotoran telinga bisa menimbulkan masalah dan menyumbat saluran telinga.

Jika dibiarkan, kotoran telinga yang menumpuk dapat menyebabkan telinga sakit sebelah kanan maupun kiri, gatal, gangguan pendengaran, iritasi, pusing, hingga telinga berdenging.

 

2. Perubahan tekanan udara

Telinga memiliki saluran eustachius yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tekanan udara di dalam telinga. Namun, ketika Anda berada di suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara, seperti saat naik pesawat, saluran eustachius mungkin kurang cepat menyesuaikan perubahan tekanan yang terjadi secara mendadak.

Hal tersebut menyebabkan perbedaan tekanan di dalam telinga dan mengakibatkan telinga sakit, termasuk telinga sakit sebelah kanan.

 

3. Infeksi sinus

Infeksi sinus (sinusitis) dapat menimbulkan berbagai gejala, salah satunya telinga sakit sebelah kanan. Kondisi ini terjadi ketika produksi lendir berlebih dan menumpuk di sinus, yaitu rongga yang terletak di antara mata, belakang dahi, hidung, dan tulang pipi.

Melalui saluran eustachius, lendir dapat mengalir ke telinga dan menyebabkan penyumbatan. Telinga yang tersumbat karena lendir inilah yang menyebabkan nyeri dan telinga terasa penuh pada penderita sinusitis.

 

4. Infeksi telinga luar

Infeksi telinga luar (otitis eksterna) merupakan peradangan dan pembengkakan pada saluran telinga luar. Kondisi ini bisa disebabkan oleh masuknya air ke dalam telinga ketika Anda mandi atau berenang.

Air tersebut membuat lubang telinga menjadi lembap sehingga mempermudah pertumbuhan bakteri. Akibatnya, infeksi di lubang telinga terjadi dan menimbulkan peradangan yang ditandai dengan rasa sakit, baik telinga sakit sebelah kanan maupun kiri.

 

5. Infeksi telinga tengah

Infeksi telinga tengah (otitis media) terjadi ketika saluran eustachius membengkak karena infeksi virus atau bakteri, seperti saat menderita flu, pilek, batuk, dan alergi. Kondisi ini akan menyebabkan lendir menumpuk di gendang telinga dan memicu pertumbuhan bakteri atau virus.

Beberapa keluhan akibat infeksi telinga tengah, meliputi telinga terasa penuh, pusing, keluarnya cairan berbau tak sedap, kehilangan keseimbangan, dan telinga sakit sebelah kanan maupun kiri.

 

6. Infeksi telinga dalam

Telinga sakit sebelah kanan juga bisa saja disebabkan oleh otitis media yang tidak diobati, sehingga menginfeksi telinga bagian dalam. Kondisi yang disebut otitis interna ini dapat memengaruhi pendengaran dan keseimbangan.

Jika telinga kanan sakit disebabkan oleh otitis interna, Anda juga akan mengalami pusing, gangguan pendengaran, mual dan muntah, sakit kepala, hingga keluarnya cairan dari telinga.

 

7. Gendang telinga pecah

Penyebab lain dari telinga sakit sebelah kanan adalah pecahnya gendang telinga. Kondisi ini dapat disebabkan oleh perubahan tekanan udara secara tiba-tiba, suara yang sangat keras, cedera karena pukulan, atau masuknya benda asing ke dalam telinga.

Gendang telinga pecah menimbulkan rasa sakit yang cukup parah di awal, tetapi biasanya akan mereda dengan sendirinya. Namun, pada kasus gendang telinga pecah yang cukup parah, Anda mungkin akan mengalami beberapa keluhan lain, seperti gangguan pendengaran, pusing, dan telinga berdarah yang memerlukan penanganan dari dokter.

 

Cara Mengatasi Telinga Sakit Sebelah Kanan

Mengatasi telinga sakit sebelah kanan dapat dilakukan dengan penanganan nonmedis dan medis, tergantung pada kondisi Anda. Berikut ini penanganan yang dapat dilakukan:

 

Perawatan rumahan

Telinga sakit sebelah kanan yang masih tergolong ringan atau disebabkan oleh infeksi virus biasanya akan membaik dengan sendirinya dalam waktu 7 hari. Agar keluhan lebih cepat membaik, Anda bisa melakukan beberapa cara perawatan di rumah berikut ini:

Berikan kompres dingin pada daun telinga kanan selama 10 menit untuk mengurangi nyeri.

Cobalah menguap atau mengunyah permen karet guna membuka saluran eustachius, yang memungkinkan penyesuaian tekanan udara dalam telinga, jika telinga sakit sebelah kanan terjadi akibat perbedaan tekanan udara.



Tidurlah dalam posisi telentang atau duduk bersandar pada bantal untuk mengurangi tekanan di telinga dan memudahkan cairan keluar dari telinga.

 

Obat-obatan

Jika Anda sudah melakukan cara di atas, tetapi keluhan sudah terjadi selama 7 hari atau keluhan telinga sakit sebelah kanan tak kunjung membaik, jangan menunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan meresepkan beberapa obat untuk mengatasi telinga yang sakit, sesuai dengan kondisi dan penyebabnya, seperti:

 

  • Obat tetes telinga, untuk melunakkan kotoran telinga yang menumpuk
  • Obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen, untuk mengatasi keluhan akibat otitis media dan otitis interna
  • Obat dekongestan atau antihistamin, untuk mengatasi pilek dan alergi yang menyebabkan infeksi telinga tengah
  • Obat tetes telinga antibiotik atau steroid, jika telinga sakit sebelah kanan disebabkan oleh otitis eksterna
  • Obat antijamur, seperti clotrimazole dan fluconazole, jika infeksi telinga luar disebabkan oleh jamur
  • Antibiotik, seperti amoxicillin, untuk menangani infeksi sinus dan otitis eksterna yang disebabkan oleh bakteri

 

Operasi

Prosedur pembedahan, seperti myringotomy, mungkin diperlukan untuk menangani telinga sakit sebelah kanan akibat otitis media kronis atau cedera di saluran eustachius yang cukup parah.

Dalam prosedur myringotomy, dokter akan membuat lubang kecil di gendang telinga dan memasang tabung kecil untuk mengalirkan udara ke telinga tengah, sehingga mengurangi tekanan dan mencegah cairan menumpuk kembali.

Beberapa kasus sakit telinga sebelah kanan bisa membaik dengan sendirinya selama beberapa hari. Namun, jangan tunda untuk pergi ke dokter jika keluhan ini tidak kunjung membaik dan disertai dengan demam, terganggunya pendengaran, hingga keluarnya cairan dari telinga.

Jika tidak diobati, sakit telinga sebelah kanan dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan pendengaran permanen hingga menyebarnya infeksi ke bagian tubuh lain.







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya