SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang berdoa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Ketika mengalami kerugian dalam berbisnis, umat Islam disarankan tetap bersyukur kepada Allah SWT, salah satu caranya dengan berdoa.

Tak melulu untung, dalam berdagang tentu penjual kerap mengalami kerugian. Hal ini biasanya akan membuat para pedagang mengeluh, kecewa, dan dihinggapi rasa marah. Padahal dalam Islam diajarkan dengan rasa syukur di kondisi apa pun.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam kondisi rugi, pedagang tidak perlu menyesal atau pun marah dengan dirinya sendiri. Mereka harus tetap optimis untuk menjalankan aktivitas perdagangan.

Rasa optimis ini bisa disalurkan dalam bentuk doa yang dibaca ketika mengalami kerugian dalam berbisnis. Mengutip keterangan akun Instagram resmi Nahdlatul Ulama, berikut ini bunyi doanya yang juga tertuang dalam Surat Al-Qalam ayat 32.

Asaa rabbuna an yubdilanaa khayran minhaa, innaa ilaa rabbinaa raaghibuuna.

Artinya: Semoga Tuhan memberikan ganti untuk kami dengan yang lebih baik dari yang ini. Sunnguh kami mengharapkan (ampunan) kepada Tuhan kami.

Doa ketika mengalami kerugian dalam berbisnis ini mengisyaratkan kepada umat muslim untuk tidak pesimis. Doa ini membangun optimisme dan harapan untuk kembali lagi melakukan aktivitas berjualan atau berdagang.

Sementara itu, agar terhindar dari kerugian dalam berbisnis, umat muslim juga bisa membaca doa berikut ini yang pernah diulas Solopos.com sebelumnya.

Qala isabnu maryamallahumma rabbana anzil ‘alaina ma’idatam minas-sama’i takunu lana ‘idal li’awwalina wa akhirina wa ayatam mingka warzuqna wa anta khairur-raziqin.

Artinya: Isa putra Maryam berdoa: Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami. Dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya