SOLOPOS.COM - Ilustrasi melakukan spa untuk perawatan kaki. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Menjaga kaki tetap bersih dan lembut sangat penting, karena itu ketahui sejumlah tips perawatannya berikut ini. Simak ulasannya di tips kecantikan kali ini.

Anggota tubuh ini selama ini kurang mendapatkan perhatian karena lokasinya di bawah tubuh. Padahal kaki adalah salah satu bagian tubuh yang paling dekat dengan lantai, sehingga kemungkinan terpapar kotor dan terkena bakteri lebih besar. Kaki juga dapat menjadi kasar jika kekurangan kelembaban.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Selain itu, kaki memiliki kelenjar lebih yang berfungsi sebagai penjaga kelembapan kaki, sehingga menghasilkan banyak keringat setiap harinya. Inilah yang dapat meyebabkan munculnya bau pada kaki jika tak dirawat dengan benar.

Dikutip dari eMediHealth pada Senin (8/1/2024) terdapat 5 tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kaki agar tetap bersih dan lembut:

1.  Cuci kaki dengan rutin

Kaki sangat dekat dengan lantai setiap harinya. Debu dan kotoran lebih mudah mengenai kaki dibanding bagian tubuh lain. Tidak hanya itu, keringat yang terdapat di kaos kaki ketika dipakai seharian juga membuatnya semakin mudah menempel.

Maka dari itu, pastikanlah untuk mencucinya paling tidak dua kali sehari menggunakan air hangat dan sabun antiseptik. Air hangat dapat membantu merontokkan kulit mati, dan sabun membantu mengilangkan bekas keringat dan bakteri.

2.  Eksfoliasi setiap pekan

Tips perawatan kaki berikutnya agar tetap bersih dan lembut adalah lakukan eksfoliasi. Ketika berjalan membawa tubuh, kaki tergesek dengan lantai dan alas kaki. Hal ini membuat kulit kaki menjadi kasar. Seperti penebalan kulit berkepanjangan atau kulit menjadi mengeras pada area yang menumpu beban atau area yang banyak tergesek. Ini mengakibatkan terbentuknya benjolan bulat yang biasa diketahui sebagai kapalan.

Sekali lagi, eksfoliasi sangat penting untuk  menjaga kaki agar tetap lembut. Eksfoliasi membantu untuk menghilangkan kulit mati dari permukaan kaki, dan menghindari kapalan pada kaki.

3.   Menjaga kelembaban kaki

Kaki dapat menjadi sangat kering dan kasar karena pengikisan. Kulit yang kering tidak elastis sehingga membuatnya lebih mudah terkelupas. Telapak kaki sering sering berada di lantai, oleh sebab itu ia lebih rentan untuk rusak, yang mana sering berakibat pecah-pecahnya bagian tumit. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga kelembaban kaki dengan benar. Pastikan untuk menjaganya tetap lembab dan terhidrasi dengan mengaplikasikan pelembab.

4.  Gunakan alas kaki yang sesuai

Tips perawatan kaki berikutnya yaitu pakailah alas kaki yang sesuai. Mengingat bahwa kaki kebanyakan menghabiskan waktu dengan berjalan selama berjam jam, maka menggunakan alas kaki yang nyaman sangatlah penting. Kenyamanan kaki tergantung pada ukuran, desain, dan bahan dari alas kaki itu sendiri.

5.    Potong kuku kaki dengan benar

Kuku yang tumbuh sangat panjang tak hanya membuat kotoran berkumpul, tapi juga rentan untuk patah. Jadi, sangat penting untuk memotong kuku kaki dengan rutin menggunakan pemotong kuku dibanding gunting.

Gunting hanya dapat memotong secara garis lurus dan tidak dilengkapi bentuk yang sesuai untuk memotong lekukan kuku. Setelah memotong kuku, gunakan kikir kuku untuk menghaluskan bagian kasar pada ujung kuku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya