SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasangan yang ingin menunda momongan. Freepik)

Solopos.com, SOLO – Berikut ini beberapa makanan yang bisa mencegah kehamilan. Jika kamu adalah pasangan yang ingin menunda momongan, selain menggunakan kontrasepsi, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu mengonsumsi makanan pencegah kehamilan.

Ada beberapa makanan yang bisa membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan. Meskipun makanan bukan metode kontrasepsi yang efektif, konsumsi makanan tertentu dapat memengaruhi kesuburan dan membantu pasangan menjaga keamanan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

 

Makanan Pencegah Kehamilan

Namun, jika kamu dan pasangan sedang mencari informasi seputar makanan pencegah kehamilan, berikut beberapa di antaranya, seperti dikutip cari laman Halodoc:

 

1. Peterseli

Jenis sayuran ini telah lama diyakini memiliki sifat pencegah kehamilan. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung klaim ini.

Beberapa orang mengonsumsi peterseli dalam jumlah besar dalam upaya untuk mencegah kehamilan. Tetapi tindakan ini tidak disarankan, karena dapat berdampak negatif pada kesehatan.

 

2. Taro

Selain peterseli, taro juga disinyalir dapat menghambat kehamilan. Pasalnya, makanan ini bisa memengaruhi hormon wanita maupun pria. Meskipun taro mengandung senyawa yang dapat memengaruhi hormon, pastikan kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang aman.

Memakannya berlebihan justru dapat berbahaya untuk kesehatan.

 

3. Daun pepaya muda

Selanjutnya ada daun pepaya muda telah dianggap sebagai makanan pencegah kehamilan di beberapa budaya. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung klaim ini.

Mengonsumsi daun pepaya muda dalam jumlah berlebihan juga dapat berbahaya, karena mengandung senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan pada rahim.

 

4. Gula dan makanan manis

Konsumsi gula berlebihan dan makanan manis seperti minuman bersoda, permen, dan kue dapat meningkatkan gula darah.

Gula berlebihan dapat mengganggu keseimbangan hormon insulin, sehingga memengaruhi ovulasi pada wanita dan produksi sperma pada pria.

 

5. Makanan olahan dan makanan cepat saji

Makanan yang tinggi lemak jenuh, garam, dan kalori tinggi yang umum ditemukan dalam makanan olahan dan makanan cepat saji bisa menghambat siklus ovulasi wanita dan mempengaruhi kualitas sperma pada pria.

Dengan kata lain, hal ini bisa menghambat terjadinya kehamilan.

 

6. Kafein

Konsumsi kafein dalam jumlah berlebihan, seperti kopi, teh, minuman energi dapat menurunkan kesuburan wanita. Kafein juga dapat memengaruhi motilitas sperma pada pria.

Itulah makanan yang bisa mencegah kehamilan. Alangkah baiknya, gunakan kontrasepsi yang lebih aman dan minim efek samping untuk mencegah kehamilan.

 

Mengonsumsi makanan di atas juga cenderung bisa mengganggu kesuburan sehingga tidak terlalu direkomendasikan.



Kamu bisa tanyakan pada ahli gizi mengenai hal ini lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya