SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengidap kanker. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Metastasis biasanya terjadi ketika kanker sudah berkembang pada stadium yang lebih lanjut, kondisi apa itu? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Kondisi ini bisa berbahaya karena bisa memperburuk kondisi kesehatan pengidapnya. Meski begitu, pengobatan bisa dilakukan untuk memperlambat pertumbuhan kanker.  Sel kanker memiliki kemampuan untuk tumbuh dan menginfeksi sel sehat di sekitarnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain itu, sel kanker juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Sel kanker yang telah menyebar tersebut dikenal dengan istilah metastasis. Metastasis adalah kondisi yang terjadi ketika kanker telah memasuki stadium lanjut dan terlambat ditangani.

Lalu apa itu metastasis? Ini adalah komplikasi yang berbahaya dan cenderung sulit diobati. Kendati demikian, penanganan metastasis tetap diperlukan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan menjaga kualitas hidup pengidapnya.

Dikutip dari siloamhospitals.com pada Rabu (20/9/2023), metastasis artinya sel kanker telah menyebar dari tempat kanker pertama kali muncul ke jaringan-jaringan di luarnya. Penyebaran sel kanker tersebut umumnya terjadi melalui pembuluh limfatik (getah bening) atau pembuluh darah.

Seluruh jenis kanker berisiko menyebabkan metastasis, terutama jika telah memasuki stadium lanjut dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Namun, jenis kanker yang paling sering menyebabkan metastasis adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker tulang, kanker hati, kanker ginjal, dan kanker pankreas.

Metastasis umumnya terjadi pada area sekitar tempat kanker pertama kali tumbuh. Namun, tidak menutup kemungkinan sel kanker juga menyebar ke organ tubuh yang lebih jauh. Bagian-bagian tubuh yang sering kali menjadi tempat penyebaran metastasis adalah otak, paru-paru, tulang, dan hati.

Setelah tahu apa itu metastasis tersebut, ketahui pula proses penyebarannya yang terjadi melalui beberapa tahap, di antaranya:

– Menyerang sel atau jaringan sehat di sekitarnya.
– Menyebar ke dinding kelenjar getah bening atau pembuluh darah di sekitarnya.
– Memasuki aliran darah dan getah bening ke organ tubuh lain.
– Sel kanker menembus dinding pembuluh darah dan bergerak menuju jaringan organ tubuh tersebut untuk membentuk tumor baru.
– Sel kanker akan membentuk pembuluh darah pada tumor baru untuk mendapatkan suplai darah dan terus tumbuh.

Metastasis hingga saat ini cenderung sulit diobati. Tujuan utama dari pengobatan metastasis adalah untuk menghambat pertumbuhan kanker, mengurangi gejala yang muncul, serta meningkatkan kualitas hidup pengidapnya.

Tindakan medis yang dilakukan untuk menangani metastasis tidak berbeda jauh dengan pengobatan kanker pada umumnya. Adapun sejumlah tindakan medis untuk menangani metastasis adalah sebagai berikut:

– Perawatan kemoterapi, yaitu tindakan medis dengan memasukkan obat-obatan melalui intravena atau oral untuk mengecilkan massa tumor serta membunuh sel kanker.
– Perawatan radioterapi, merupakan tindakan medis menyinari area tubuh tertentu menggunakan sinar X untuk menghancurkan sel kanker.
– Tindakan operasi yang bertujuan mengangkat sel-sel kanker di dalam tubuh.
– Perawatan paliatif yang bertujuan untuk mengurangi gejala akibat kanker dan meningkatkan kualitas hidup pengidapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya