SOLOPOS.COM - Ilustrasi menderita psoriasis vulgaris. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Psoriasis vulgaris ramai dibahas warganet di TikTok dan akhirnya viral, lalu penyakit apa itu? Agar mengerti kesehatan kulit, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Salah satu akun yang mengunggah video singkat tentang seorang anak yang menderita penyakit tersebut adalah  @sueen***. “Semoga Allah angkat segala penyakit adik,” demikian tulisnya dikutip pada Kamis (14/9/2023).

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Unggahan itu pun mendapatkan beragam respons warganet. “hay bun, aku juga penderita psoriasis.. saran nih bun kalo si adek lagi kumat biar kulitnya gak kering coba dibalurin pake minyak kelapa bun,” tulis @vivien***.

Lalu apa itu psoriasis vulgaris yang tengah dibahas warganet di TikTok tersebut? Ini merupakan penyakit kulit yang tidak dapat menular.  Penyakit kulit ini ditandai dengan adanya peradangan kronis atau munculnya sisik pada permukaan kulit.

Perlu diketahui jika penyakit ini termasuk jenis psoriasis yang paling umum dialami oleh seseorang. Di antara seluruh kasus psoriasis ada sekitar 80% hingga 90% yang gejalanya memperlihatkan bentuk dari Psoriasis Vulgaris.

Melansir dari Medical News Today Psoriasis Vulgaris merupakan sebuah istilah dari bentuk Psoriasis yang paling umum.  Vulgaris sendiri berasal dari bahasa Latin yang mempunyai arti umum.

Adapun beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang menderita psoriasis vulgaris di antaranya muncul plak bersisik yang dapat terasa gatal. Ukurannya bisa kecil terpisah atau berbentuk kumpulan dari plak-plak kecil.

Plak yang muncul juga bisa terlihat merah meradang atau mempunyai tekstur sisik dengan warna keperakan. Umumnya pada orang yang berkulit cerah kondisi kulit terlihat berwarna merah atau merah muda.

Kemudian untuk penderita yang berkulit gelap umumnya warna plak tersebut terlihat cokelat tua, abu-abu, atau ungu. Kondisi psoriasis vulgaris umumnya muncul di batang tubuh, lutut, sikut, kulit kepala, atau area-area tubuh lainnya.

Penderita Psoriasis juga mempunyai perawatan yang berbeda-beda tergantung dari kondisi mereka saat itu. Sehingga pemeriksaan ke dokter akan mengklasifikasikan jenis psoriasis termasuk kedalam yang ringan, sedang, atau berat.

Agar semakin tahu apa itu psoriasis vulgaris,  ketahui jenis-jenisnya yang perlu diwaspadai dikutip dari siloamhospitals.com pada Kamis (14/9/2023):

1. Psoriasis Plak

Masalah kulit yang dapat menyebar ke kuku kaki dan tangan. Kondisi ini ditandai dengan timbulnya ruam merah tebal dan sisik tebal keperakan terutama di area yang terkena tekanan dan dapat menyebar ke seluruh tubuh.

2. Psoriasis Gutata

Untuk semakin mengetahui apa itu psoriasis vulgaris ketahui bahwa jenis psoriasis  gutata ini biasanya dipicu oleh infeksi bakteri yang rentan menyerang anak-anak dan dewasa muda. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bercak merah kecil berdiameter < 1 cm dan sisik keperakan di kulit tubuh, kaki, dan lengan.

3. Psoriasis Inversi

Dipicu oleh infeksi jamur di area lipatan kulit seperti ketiak. Kondisi ini ditandai dengan bercak merah dan timbulnya lapisan putih keperakan yang tipis di kulit terinfeksi.

4. Psoriasis Pustular

Kondisi ini dapat membuat penderitanya mengalami demam dan rasa sakit saat beraktivitas menggunakan tangan atau kaki. Kulit memerah disertai bintik berisi nanah merupakan ciri khas psoriasis pustular.

5. Psoriasis Eritrodermik

Agar semakin mengenal psoriasis vulgaris  ketahui pula jenis psoriasis eritrodermik dan gejalanya. Ditandai dengan timbulnya ruam yang mengelupas pada kulit dan disertai rasa yang sangat gatal.

Jenis psoriasis ini termasuk jenis yang parah karena penderitanya juga merasakan sensasi terbakar di seluruh tubuh. Hal ini dikarenakan psoriasis eritrodermik mampu mempengaruhi kadar cairan dan protein dalam tubuh, sehingga memicu penderitanya mengalami dehidrasi.

6. Psoriasis Artritis

Jenis psoriasis ini merupakan radang sendi yang menyerang penderita psoriasis. Radang sendi dapat terjadi setelah psoriasis muncul maupun sebelum gejala timbul. Biasanya psoriasis artritis diikuti oleh gejala berupa iritasi kulit, perubahan warna kuku, dan kekakuan pada sendi. Pada beberapa kasus yang parah, radang sendi dapat memicu cacat jika tidak segera ditangani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya