SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Pernahkah Anda mencicipi air hujan? Jika iya, apakah Anda tahu bahwa hal itu bisa mendatangkan bahaya bagi kesehatan?

Saat ini musim hujan tengah memasuki masa puncaknya. Tidak tentunya waktu kedatangan hujan sering kali membuat seseorang tiba-tiba kehujanan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Datangnya hujan disikapi secara berbeda, anak kecil misalnya, mereka sering menganggap hujan sebagai waktunya bermain, ada kepuasan tersendiri bagi mereka saat diguyur hujan. Bahkan tak jarang mereka juga meminum air hujan.

Padahal, hal ini sebenarnya tidak baik loh. Jika sebagian dari kalian berpikir air hujan hanyalah tersusun dari uap air atau H2O, maka Anda salah.

Sebagaimana diketahui, 99% air hujan mengandung uap air. Namun Kementerian Kesehatan pernah menginformasikan bahwa terdapat zat-zat berbahaya seperti asam nitrat dan asam sulfat pada air hujan.

Asam nitrat merupakan sejenis cairan korosif tak yang berwarna. Cairan ini biasa dipergunakan untuk berbagai hal industrial contohnya seperti menjadi bahan baku pembuatan pewarna, bahan pembuatan Polyamides yang biasa dijadikan bahan pembuat kain pakaian, hingga menjadi bahan pembuatan TNT.

Karena sifatnya yang korosif maka, cairan ini tidak bisa dipegang secara asal. Jika kalian pernah mendengar istilah hujan asam maka, cairan ini merupakan salah satu unsur yang terkandung di dalamnya.

Selanjutnya adalah asam sulfat, senyawa ini sempat viral beberapa bulan lalu. Dikutip dari laman cdc.gov, H2S04 atau Asam sulfat adalah zat korosif yang bisa merusak anggota tubuh. Jika terpapar secara serius zat ini dapat mengakibatkan kematian.

Mereka yang pekerjaannya bersinggungan langsung dengan lapangan seperti pemadam kebakaran berpotensi untuk terpapar senyawa ini.

Meski begitu, Anda juga patut waspada untuk tidak meneguk air hujan dengan sengaja karena adanya potensi zat berbahaya tersebut terkandung di dalamnya.

Walaupun ternyata air hujan menyimpan beberapa zat berbahaya, Anda tetap bisa meminumnya. Namun, hal ini butuh pengolahan agar air tersebut aman dikonsumsi.

Dilansir dari Healthline, Selasa (23/1/2024) beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah seperti dengan merebus air hujan guna memusnahkan bakteri, virus, serta parasit yang terkandung di dalamnya.

Lalu jika Anda merasa bahwa air tersebut mengandung unsur kimia maka, sebaiknya disaring atau disuling dengan baik.

Ingatlah bahwa hujan bukan terbentuk dari air bersih saja. Air-air tersebut bisa saja berasal dari alam yang mungkin pada saat proses penguapan mengandung sejumlah zat lain.

Oleh karenanya Anda lebih disarankan untuk mengkonsumsi air yang memang sudah jelas peruntukkannya. Solopos.com/Aryo Satryo Tamtomo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya