SOLOPOS.COM - Pakaian Imlek. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Saat Tahun Baru Imlek tiba, biasanya masyarakat etnis China akan mengucapkan gong xi fa cai, kira-kira apa sih arti dan maknanya?

Tahun Baru Imlek sebentar lagi tiba, yakni pada 10 Februari 2024. Di China, biasanya Imlek dirayakan dengan tradisi mudik ke kampung halaman. Selain itu, mereka juga melakukan sembahyang sebagai ungkapan syukur kepada para leluhur.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Berdasarkan sejarahnya di Indonesia, perayaan Imlek sempat dilarang paada masa pemerintahan Orde Baru. Namun, pada 17 Januari 2000, Presiden Abdurrahman Wahid mengeluarkan Keppres No.6/2000 tentang pencabutan Inpres No.14/1967 sekaligus menjadikan masyarakat Tionghoa diberi kebebasan untuk menganut agama, kepercayaan, dan adat istiadatnya termasuk merayakan upacara-upacara Agama seperti Imlek, Cap Go Meh dan sebagainya secara terbuka.

Di momen spesial bagi masyarakat etnis China ini, Tahun Baru Imlek menjadi waktu untuk berkumpul bersama dan saling mengucapkan gong xi fa cai. Namun, banyak dari mereka yang belum paham dengan arti gong xi fa cai sendiri, kira-kira apa sih artinya?

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Solopos.com, gong xi fa cai merupakan bahasa China yang memiliki arti semoga Anda bahagia dan sejahtera. Meski tidak ada kaitannya dengan Imlek, kata-kata gong xi fa cai ini masih digunakan untuk memberikan ucapan di momen tersebut sebagai bentuk harapan dan doa.

Mengutip The Star, dosen senior Departemen Chinese Studies Universitas Malaya, Prof Yam Kah Kean mengatakan istilah gong xi fa cai lebih fokus terhadap keuntungan materi ketimbang semangat kebersamaan tahun baru Imlek. Oleh karena itu, banyak kalangan yang lebih suka mengucapkan xin nian kuai le pada momen Imlek yang artinya Selamat Tahun Baru.

Kuai le artinya bahagia atau gembira, dan xin nian artinya tahun baru. Ucapan xin nian kuai le adalah salah satu cara untuk mengucapkan selamat tahun baru Imlek tanpa merujuk ke arah materi, uang, atau finansial. Namun, selain xin nian kuai le, ada beberapa cara lainnya untuk memberi ucapan pada momen Imlek

Demikian penjelasan mengenai arti dan makna gong xi fa cai yang menjadi ucapan saat Tahun Baru Imlek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya