SOLOPOS.COM - Ilustrasi sikat gigi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Setelah acara sahur orang-orang akan melakukan sikat gigi agar sisa makanan dan rasa makanan hilang. Hal ini dilakukan agar ketika berpuasa selama seharian, tak ada aroma makanan di mulut yang bisa mengganggu aroma.

Namun demikian, apakah menyikat gigi tepat setelah menyantap makan sahur sudah tepat? Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama Bulan Ramadan, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Semua orang pasti menginginkan mulut yang bersih dan sehat, sehingga menyikat gigi bisa jadi cara untuk membuatnya menjadi kenyataan. Maka ketika mendiskusikan tentang menyikat gigi, tak hanya soal bagaimana caranya, namun juga kapan waktunya. Terlebih disaat berpuasa ramadan. Memutuskan waktu untuk menyikat gigi adalah hal penting. Pernahkah Anda bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk menyikat gigi?

Dikutip dari healthline.com pada Senin (25/3/2024), menyikat gigi langsung setelah makan sarapan sebenarnya dapat melapisi gigi Anda dengan sisa makanan asam, yang melemahkan enamel.

Sehingga, sikat gigi tepat setelah sahur malah dapat mengikis enamel pada gigi.

Disebutkan pula bahwa menunggu 30 menit hingga satu jam setelah makan sebelum menyikat gigi adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda melindungi gigi dan tidak merusak enamel.

Perkumpulan Dokter Gigi Amerika merekomendasikan Anda menunggu 60 menit setelah makan sebelum menyikat gigi, terutama setelah mengonsumsi makanan yang asam.  Mengutip dari alodokter.com dibandingkan langsung sikat gigi setelah makan, sebaiknya minum air putih dalam jumlah yang cukup atau berkumur dengan air dulu. Air mengandung fluoride, yaitu mineral yang akan membantu proses pengerasan enamel gigi. Setelah 30–60 menit, barulah boleh menyikat gigi. Dengan begitu, enamel gigi tetap aman.

Beberapa tips sikat gigi yang juga dapat dilakukan seperti sikat gigi selama minimal 2 menit, 2 kali sehari, membersihkan gigi dengan benang gigi sekali dalam sehari, menggunakan sikat gigi yang lembut dan sikatlah dengan cara yang benar, dan gunakan obat kumur yang mengandung fluoride.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya