SOLOPOS.COM - Elon Musk (Youtube-TED)

Solopos.com, SOLO-Ada empat kebiasaan yang selama ini jadi kunci para pengusaha untuk meraih kesuksesan mereka. Kita sering kali mengagung-agungkan nama pengusaha sukses seperti Steve Jobs, Elon Musk, Bill Gates, Henry Ford dan Thomas Edison sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk mengejar kesuksesan.

Namun, ada rahasia tersendiri di balik kesuksesan mereka. Seperti mengupas bawang bombay, faktor-faktor umum seperti keberanian untuk mengejar impian, memiliki visi yang jelas, jam kerja yang panjang, ketekunan, semangat, dan fokus sering kali terungkap.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Kebanyakan pengusaha mengorbankan segalanya, dari tabungan seumur hidup, aset pensiun, waktu bersama keluarga dan teman. Mereka berani mengambil risiko, sering kali berutang untuk mengejar impian mereka.

Melansir Entrepreneurs dan Bisnis.com pada Jumat (8/12/2023), dari penelitian yang dilakukan Tom Corley untuk bukunya Rich Habits: The Daily Success Habits of Wealthy Individuals, dia mengidentifikasi empat kebiasaan yang jadi kunci  agar bisa sukses:

1. Mereka bertahan sampai mereka berkembang

Ketika ada yang tidak beres dan kehidupan membuat pengusaha terpukul, pengusaha sukses akan melakukan apa pun untuk bertahan. Mereka akan bekerja sepanjang waktu selama berhari-hari, berpekan-pekan atau berbulan-bulan untuk memperbaiki apa yang salah.

Mereka entah bagaimana akan menemukan uang yang mereka perlukan untuk mengulur waktu guna memecahkan masalah yang tampaknya sulit diselesaikan. Mereka juga rela mengorbankan waktu bersama keluarga dan teman, memprioritaskan mencari solusi, di atas segala hal lain dalam hidup mereka.

2. Mereka belajar untuk mengubah arah

Kebiasaan lain yang menjadi kunci sukses pengusaha adalah mau belajar mengubah arah. Ketika wirausahawan berada dalam mode bertahan hidup, mereka yang sukses akan mengetahui dengan sangat cepat apa yang berhasil dan apa yang tidak, lalu beralih, mengubah arah, dari melakukan apa yang tidak berhasil ke apa yang berhasil.

Pengusaha sukses adalah pemimpin yang ulung. Mereka belajar bagaimana mengubah haluan, mengubah arah dan mengubah jalan yang mereka ambil agar terus bergerak maju menuju realisasi impian mereka.

Ini mungkin rahasia sebenarnya kesuksesan mereka. Penerbangan pesawat pada umumnya 90 persen keluar jalur selama penerbangannya. Pilot dan sistem komputer di pesawat terus-menerus fokus pada tujuan, dan melakukan koreksi arah secara konstan selama penerbangan untuk tiba di tujuan.

Pengusaha sukses juga demikian, mereka terus-menerus melakukan koreksi arah selama perjalanan kewirausahaan mereka dalam mengejar impian dan tujuan mereka. Ketika tindakan mereka tidak membuahkan hasil yang mereka inginkan, mereka berubah arah.

Ketika orang-orang yang bekerja dengan mereka tidak mampu membantu memajukan mereka, mereka mencari orang lain. Ketika suatu produk atau layanan gagal dikirimkan, mereka mengubah produk atau layanan tersebut hingga terjual. Mereka terus-menerus mengubah apa yang mereka lakukan, mencari jalan lain dan kemudian mengambil jalan itu. Mereka melakukan ini berulang kali hingga mereka mencapai tujuan dan mewujudkan impian mereka.

3. Dapat mengendalikan emosinya

Pengendalian emosi adalah kekuatan super setiap pengusaha sukses. Salah satu pengusaha dalam studi di buku Rich Habits adalah bahwa ketika mereka dihadapkan pada situasi emosional, mereka mengatakan ini berulang-ulang “Jadilah seperti Spok.”

Spok adalah karakter Vulcan di serial Star Trek yang telah menguasai emosinya sehingga mampu mengambil keputusan hanya berdasarkan logika. Mengontrol emosi adalah hal yang penting karena ketika bagian emosional di otak mengambil alih kendali, sebagian korteks pra-frontal, yang merupakan pusat logika di otak, akan mati. Keputusan yang dibuat dalam keadaan emosional hampir selalu merupakan keputusan yang buruk.

Dengan menguasai emosinya, wirausahawan sukses membuat keputusan logis, yang hampir selalu merupakan keputusan terbaik.

4. Tetap bersikap positif

Bersikap positif merupakan salah satu kebiasaan yang jadi kunci sukses pengusaha. Hampir mustahil untuk sukses sebagai pengusaha dengan pola pikir negatif. Negatif membuat pusat emosi di otak memegang kendali dan mematikan pusat logika/analitis otak.

Ketika mengambil keputusan menggunakan pusat emosi di otak, keputusan tersebut selalu merupakan keputusan yang buruk, dan keputusan yang dibuat karena rasa takut selalu merupakan keputusan terburuk dari yang terburuk, keputusan buruk yang akan dibuat.

Lebih buruk lagi, pola pikir negatif mengganggu operasi normal sistem parasimpatis, menekan sistem kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan depresi dan penyakit. Jadi, untuk sukses sebagai wirausaha, penting sekali untuk mempertahankan pandangan positif.

Wirausahawan yang memiliki pandangan mental positif akan lebih mampu menangani stres sehari-hari dan membuat seluruh otaknya bekerja untuk stres tersebut. Mereka cenderung lebih kreatif dan mendapat manfaat dari sebuah wawasan.

Wawasan bisa menjadi percikan kejeniusan yang memecahkan masalah yang tampaknya sulit diselesaikan hanya dengan satu pemikiran. Pengusaha paling sukses telah membentuk kebiasaan untuk tetap bersikap positif selama situasi stres. Mereka memahami bahwa berpikir positif adalah batu loncatan dari semua kreativitas dan wawasan, dan pemecahan masalah memerlukan kreativitas dan wawasan.

Berperilaku positif juga memperluas pola pemikiran, mengatur sumber daya seluruh otak dan sangat penting untuk pemecahan masalah.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Dia 4 Kepribadian yang Jadi Kunci Sukses Para Pengusaha Terkaya Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya