SOLOPOS.COM - Ilustrasi menu HokBen. (HokBen.co.id)

Solopos.com, SOLO — Hoka Hoka Bento atau HokBen dikenal sebagai restoran yang menyajikan makanan ala Jepang dengan rasa nasi dan salad yang khas. Kekhasan rasa nasi dan saladnya mendorong orang-orang untuk menciptakan cita rasa yang serupa, dan tidak sedikit yang membagikan resep nasi dan salad ala HokBen karya mereka di platform media sosial.

Direktur Pemasaran PT Eka Bogainti (HokBen), Sugiri Willim, mengungkapkan sedikit dari rahasia rasa nasi HokBen.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Selama ini banyak orang mengira bahan seperti tepung maizena hingga cuka perlu ditambahkan untuk menghasilkan nasi dengan rasa serupa dengan yang dijual di HokBen. Namun, menurut Sugiri, restoran tersebut tidak menambahkan bahan khusus untuk memasak nasi.

Bahkan dia menyebut beras yang dipakai adalah produk lokal asli Indonesia. Dia mengatakan hanya sebagian bumbu yang diimpor dari Jepang. Namun, beras yang dipakai untuk membuat nasi paling enak dari HokBen adalah beras lokal.

“Orang selalu bertanya, apakah beras yang dipakai HokBen itu impor? Faktanya tidak, semua bahan kami adalah lokal, kecuali sebagian bumbu ada yang impor. Tapi, untuk nasi atau beras adalah beras asli dari tanah Indonesia,” katanya sebagaimana dilansir Antara, Rabu (13/3/2024).

Kendati demikian, dia mengungkapkan bahwa ada teknik khusus yang digunakan dalam resep nasi HokBen. Yaitu pada tahapan mencuci beras dan memasaknya menjadi nasi.

“Ada teknik pengolahannya yang tidak bisa saya ungkap ya. Tapi, prinsipnya begini, cara masak itu sangat memengaruhi hasil. Air juga memengaruhi, berapa kali beras itu kita cuci juga berpengaruh. Jadi, bukan hanya berasnya saja, cara mencucinya juga kami punya standarnya,” kata Sugiri menjelaskan.

Selain nasinya yang pulen, salad HokBen juga populer. Tidak sedikit orang yang berusaha membuat salad dan saus salad khas restoran itu dan membagikannya di media sosial.

Sugiri mengatakan bahwa salad dan saus mayones HokBen dibuat setiap hari tanpa menambahkan pengawet sehingga rasanya selalu segar ketika disantap.

Restoran pun tidak merekomendasikan salad yang dibuat dari irisan kol dan wortel tersebut dibawa pulang ke rumah karena jika demikian maka kesegarannya bisa berkurang.

“Karena kol itu mengandung banyak gas, kami tidak rekomendasikan untuk dibawa pulang, melainkan dimakan langsung di gerai untuk menjaga kesegarannya. Karena kami juga tidak pakai pengawet sehingga membawa pulang salad kol bisa merusak kesegarannya,” kata Sugiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya