SOLOPOS.COM - Ilustrasi lampion Imlek. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui kapan perayaan Cap Go Meh 2024 di Indonesia. Sebagaimana diketahui Cap Go Meh merupakan perayaan penutupan Imlek yang jatuh pada hari kelima belas (tanggal 15) bulan pertama penanggalan Tionghoa.

Lantas kapan Cap Go Meh dirayakan di Indonesia pada 2024 ini? Biasanya Cap Go Meh dirayakan dua pekan setelah Imlek, atau hari ke-15 di bulan pertama kalender China.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Menilik dari perhitungan Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024, Cap Go Meh jatuh pada 24 Februari 2024. Cap Go Meh sendiri dirayakan sebagai upacara penolakan tolak bala untuk mengusir roh-roh jahat.

Biasanya perayaan Cap Go Meh dilakukan meriah, identik dengan diadakannya festival lampion dan pawai naga.

Perayaannya diawali dengan berdoa di wihara, kemudian dilanjutkan dengan iringan kenong dan simbal serta pertunjukan barongsai dan pertunjukan tradisional Tionghoa.

Setelah tahu kapan perayaan Cap Go Meh 2024, ketahui pula sejarahnya bagaimana. Mengutip Bisnis.com pada Senin (19/2/2024), istilah Cap Go Meh berasal dari bahasa Hokkien Chap Goh Meh yang berarti malam kelima belas.

Istilah ini umum digunakan oleh Tionghoa Indonesia dan Malaysia. Adapun di Tiongkok, nama yang umum adalah festival lampion.

Perayaan Cap Go Meh telah dilakukan sejak abad ke-7 Masehi pada masa Dinasti Han di Tiongkok, terutama saat migrasi masyarakat Tionghoa ke wilayah bagian selatan Tiongkok.

Perayaan ini biasanya diadakan bersama oleh raja dan masyarakatnya pada malam tanggal ke-15 bulan pertama penanggalan Tionghoa.  Para petani memasang lampion berwarna warni di sekeliling ladang untuk mengusir hama dan menakuti binatang-binatang perusak tanaman serta memperindah pemandangan.

Selain itu, diadakan pertunjukan musik dan barongsai untuk memeriahkan perayaan. Setelah itu, Cap Go Meh kemudian diadakan secara turun-temurun oleh masyarakat Tionghoa yang tersebar di seluruh dunia.

Setelah tahu kapan perayaan Cap Go Meh 2024 dan sejarahnya, ketahui pula aneka kegiatan yang dilakukan  dalam perayaan ini yaitu biasanya dengan mengadakan parade dan arak-arakan di sepanjang jalan. Pada malam harinya, perayaaan dilanjutkan dengan mengadakan festival lampion.

Dalam perayaan yang merupakan bagian dari perayaan Tahun Baru Cina ini, pertunjukan Barongsai merupakan lambang dari kepercayaan masyarakat Tionghoa. Barongsai diyakini sebagai pertanda kesuksesan, keberuntungan dan pengusir hal-hal buruk.

Kemudian masyarakat juga bisa menghias rumah, mobil, dan lain-lain. Masyarakat juga biasanya memasang lampion khas Imlek.

Artikel ini telah tayang di bisnis.com dengan judul Kapan Tanggal Perayaan Cap Go Meh 2024 di Indonesia? Ini Jadwalnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya