SOLOPOS.COM - Ilustrasi memasak makanan sahur. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui tips menyiapkan makanan sahur saat puasa Ramadan agar tidak repot memasak dan tubuh kuat puasa seharian. Untuk menjaga kesehatan tubuh, simak ulasannya di tips memasak sehat ini.

Bagi beberapa orang, momen sahur adalah momen yang sulit untuk dijalani. Karena, selain wajib bangun di waktu subuh, ada juga yang perlu menyiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga. Apakah kamu mengalami hal yang sama?

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Kalau kamu selama ini kesulitan menyiapkan makanan untuk keluarga untuk momen sahur, ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan supaya kegiatan menyiapkan makanan bisa berjalan dengan lebih mudah.

Berikut ini sejumlah tips menyiapkan makanan sahur yang praktis dan antiribet dikutip dari europeenchanting.com pada Rabu (27/3/2024):

1. Meal prep di malam hari

Setelah menjalani puasa seharian, badan akan terasa lebih segar dan kuat setelah berbuka puasa. Manfaatkan jam-jam pasca buka puasa untuk meal prep makanan untuk momen sahur di hari berikutnya.  Meal prep artinya menyiapkan bahan-bahan makanan dan juga memasak dan menyimpan makanan untuk dimakan di lain waktu.

Kamu bisa bersihkan, potong, dan membumbui bahan makanan dan memasaknya setengah matang jika perlu. Kemudian, kamu bisa simpan makanan tersebut di kulkas semalaman. Ketika waktu sahur datang, kamu tinggal memasaknya sampai matang. Dengan cara ini, kamu akan menghemat waktu dan tenaga.

2. Menghangatkan makanan

Tips berikutnya menyiapkan makanan sahur antiribet adalah menghangati masakan kemarin. Kalau kamu tidak ingin ribet memasak di waktu sahur, kamu bisa masak makanan sahur di hari sebelumnya dan menyimpannya di kulkas. Di hari berikutnya, kamu tinggal memanaskan makanan atau menghangatkannya di microwave.

Cara ini akan membuatmu menghemat lebih banyak waktu dan tenaga daripada kamu harus memasak makanan untuk sahur dua kali.

3. Tidak mudah basi

Saat memilih menu makanan untuk sahur, ada baiknya kamu memilih makanan yang tidak akan mudah basi atau cepat busuk, seperti sayur berdaun hijau, makanan bersantan, atau makanan dengan kandungan susu. Hal ini tidak menjadi masalah kalau kamu dan keluarga dapat segera mengkonsumsi makanan tersebut.

Namun, kalau kamu berencana menyiapkan makanan untuk beberapa hari ke depan, ada baiknya kamu memilih bahan-bahan makanan maupun jenis makanan yang tidak akan mudah basi ataupun cepat busuk.   Untuk memperpanjang keawetan makanan, kamu bisa menyimpannya di dalam lemari es. Namun, tentu saja, rasa dari makanan tersebut bisa saja berkurang setelah mengendap di lemari es untuk beberapa waktu.

4. Sediakan makanan Kering

Tips berikutnya menyiapkan makanan sahur antiribet yaitu punya stok makanan kering. Untuk menghemat waktu dan tenaga, kamu juga bisa memilih untuk menyiapkan makanan kering sebagai makanan sahur.

Makanan kering seperti tempe kering, ikan asin, abon, dsb. tidak perlu dipersiapkan lagi karena kamu tinggal memakannya.  Makanan kering tentu saja menjadi jenis makanan yang sangat praktis untuk dipersiapkan dan dimakan.   Sebagai pelengkap sahur dan gizi, kamu juga bisa menyiapkan buah-buahan yang mudah dikonsumsi dan aman dicerna.

5. Makanan instan

Kamu juga bisa memilih makanan instan, seperti sarden, tuna, mi instan sebagai menu sahur. Karena jenis makanan ini tentunya bisa membantumu menghemat waktu dan tenaga dalam menyiapkan makanan untuk sahur.

Kamu juga bisa memilih untuk menggunakan bumbu-bumbu instan untuk membumbui makanan, sehingga kamu tidak perlu terlalu repot saat memasak.  Namun, ada baiknya kamu membatasi jenis makanan ini. Bagaimanapun, umumnya, makanan instan memiliki kandungan gizi yang lebih rendah daripada makanan utuh.

6. Menu sederhana

Tips berikutnya menyiapkan makanan sahur yaitu bikin olahan sederhana. Simpel di sini artinya jenis makanan yang tidak memerlukan banyak tenaga atau waktu untuk dimasak.  Misalnya kamu bisa memasak telur dadar dicampur sayuran dan sosis atau sayur tumis. Olahan ini cenderung lebih cepat dan mudah untuk disiapkan dan dimasak.  Dengan memilih jenis makanan yang simpel untuk disiapkan, memasak menu sahur akan terasa lebih ringan untuk dijalani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya