SOLOPOS.COM - Ilustrasi seblak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Asal-usul seblak makanan dari Jawa Barat yang sedang digemari berbagai usia tentu bikin penasaran. Bagi kamu penggemar masakan bercita rasa pedas ini, simak ulasannya di tips kuliner kali ini.

Seblak adalah salah satu makanan yang berasal dari Jawa Barat dan telah menyebar ke berbagai daerah. Makanan yang identik bercita rasa gurih pedas dengan rempah kencur itu kini bisa dengan mudah dicari dan dibuat.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang unik membuat kuliner yang satu ini memiliki banyak penggemar. Seiring dengan perkembangannya makanan ini disajikan dengan berbagai topping tambahan seperti telur, sosis, irisan sayur, bakso, seafood, dan lainnya.

Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (17/2/2024), asal-usul seblak diduga sudah ada sejak zaman kemerdekaan di Jawa Barat. Di Garut, ada makanan yang disebut kurupuk leor yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia yakni kerupuk lemas. Karena kerupuk mentah yang seharusnya digoreng, dimasak dengan bumbu bawang putih dan cabai rawit.

Mungkin ini menjadi cikal bakal kreasi seblak yang kini telah memiliki pamor di para pencinta kuliner.

Di daerah Sumpiuh Jawa Tengah juga ada makanan yang serupa yakni kerupuk godog atau kerupuk rebus.  Namun baik kerupuk leor atau kerupuk godog, tidak menggunakan kencur. Padahal bahan kencur inilah yang menjadi ciri khas sekaligus cita rasa yang identik dengan seblak.

Ada juga sumber yang menyebutkan asal-usul seblak bermula dari persediaan kerupuk yang melimpah di Bandung kala itu. Kerupuk yang sudah lama saat digoreng tidak seenak kerupuk yang baru dibuat. Kerupuk lama juga lebih keras dan susah dikunyah.

Karena kerupuk lama menumpuk, sering kali dibuang begitu saja. Lama kelamaan orang merasa sayang untuk menyia-nyiakan atau membuang kerupuk. Sehingga kemudian muncul berbagai ide dan kreasi untuk mengolah kerupuk lama hingga terciptalah seblak.

Setelah tahu asal-usul seblak, makanan ini semakin populer dan digemari. Bahkan salah satu personel SM*SH Rafael Tan juga jadi pengusaha khusus makanan ini.  Dia sering membagikan resep olahannya itu melalui Instagram. “SEBLAK SPECIAL! SEBLAK SOBAS!! BASO SOSIS ala mamang Rafael!!! Buat yang bosen sama seblak cuma kerupuk doang, sini mamang kasih resep baru nya. Seblak make sosis jeung baso alias seblak SOBAS beuh perpaduan yang sangat ciamik yah.. Very very nice very very good very very well!! Apalagi di minuminnya sama nipis madu beuhh special pisan! Mevvahh. Buru lah tatangga cobian seblak SOBAS ala mamang,” demikian bunyi keterangan menyertai unggahan resep masakannya pada Oktober 2023 lalu dikutip dari Instagram @rafaell_16 pada Sabtu (17/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya