SOLOPOS.COM - Ilustrasi bau mulut. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui sejumlah tips untuk mencegah bau mulut saat puasa Ramadan yang bisa menurunkan rasa percaya diri sekaligus mengganggu pergaulan. Untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi simak ulasannya di info sehat ini.

Selama menjalankan ibadah puasa, keluhan bau mulut biasanya paling sering dialami orang, karena tubuh seharian tidak mendapatkan asupan makanan. Puasa selama Ramadan dapat mengubah lingkungan mulut Anda sehingga meningkatkan risiko bau mulut.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan mulut untuk mencegah bau mulut atau halitosis. Dengan menjaga kesehatan mulut, Anda dapat dengan mudah memiliki nafas yang segar sepanjang bulan.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara mencegah bau mulut selama puasa Ramadan dikutip dari Bisnis.com pada Rabu (27/3/2024):

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab utama bau mulut saat berpuasa. Mulut Anda cenderung kering karena asupan air yang tidak mencukupi sepanjang hari menyebabkan rendahnya tingkat produksi air liur dalam tubuh Anda yang membantu menghilangkan partikel makanan dan bakteri di mulut Anda yang mengakibatkan halitosis mungkin disebabkan karena kandungan air liur yang tidak mencukupi.

Minum cukup air di sela-sela puasa, terutama saat sahur (makan sebelum sahur) dan berbuka puasa (berbuka puasa) harus diusahakan.

2. Sikat gigi Anda secara konsisten

Tips berikutnya untuk mencegah bau mulut saat puaa adalah menyikat gigi secara teratur. Untuk menjaga mulut tetap bersih dan segar, ingatlah selalu untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari; setelah sahur di pagi hari dan sebelum tidur lagi. Gunakan pasta gigi berfluoride untuk membersihkan seluruh permukaan gigi termasuk lidah dan langit-langit mulut secara menyeluruh tempat bakteri biasanya menumpuk.

Pilihlah sikat gigi yang bulunya lembut agar tidak mengiritasi gusi saat menyikat gigi sebelum sahur. Siwak juga bisa digunakan pada siang hari karena tidak membatalkan puasa.

3. Gunakan benang setiap hari

“Flossing di sisi lain tidak mendapat banyak perhatian namun sama pentingnya dalam kebersihan mulut seperti menyikat gigi,” ujar Dr. Akshay Bhushan, BDS, MDS – Prostodontik, Dokter Gigi FICOI.

Melalui flossing, partikel makanan dan plak dihilangkan dari sela-sela gigi atau sepanjang gusi yang mungkin tidak tersentuh oleh sikat gigi. “Jadikanlah kewajiban untuk membersihkan gigi dengan benang sekali setiap hari, sebaiknya sebelum tidur untuk menjaga kesegaran napas sekaligus meningkatkan kesehatan gusi,” ujarnya.

4. Gunakan obat kumur

Tips berikutnya untuk mencegah bau mulut saat puasa adalah pakai obat kumur. Obat kumur yang mengandung alkohol dapat membantu Anda mendapatkan napas bersih dengan menghilangkan bakteri dan menetralisir senyawa penyebab bau tak sedap.

Bilas mulut Anda dengan obat kumur setelah menyikat gigi dan flossing, hal ini akan memungkinkannya menjangkau area yang terlewatkan oleh sikat gigi Anda.

5. Setop makan makanan manis

Setelah seharian berpuasa, mungkin sulit untuk menolak makanan manis. Namun, jumlah gula yang berlebihan memicu pertumbuhan bakteri di mulut yang menyebabkan plak dan bau mulut. Daripada mengonsumsi makanan manis, cobalah mengonsumsi buah dan sayur.

6. Hindari makanan yang berbau tajam

Tips berikutnya untuk cegah bau mulut saat puasa adalah hindari makanan berbau tajan. Beberapa makanan berbau tajam seperti bawang putih, bawang bombay, atau rempah-rempah dapat meninggalkan bau yang tidak kunjung hilang di mulut Anda. Meskipun jenis makanan seperti itu sering dinikmati saat berbuka puasa, cobalah membatasi konsumsinya atau menyikat gigi setelahnya untuk mengimbangi efeknya pada napas Anda.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa di Bulan Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya