SOLOPOS.COM - Ilustrasi ayah bermain dengan anak. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Mayoritas orang tua tentu menginginkan buah hati mereka tumbuh dengan baik, berikut ini sejumlah cara untuk membuat anak menjadi lebih cerdas. Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

Perkembangan otak adalah aspek integral dari perkembangan kognitif, yang mencakup kemajuan intelektual anak, termasuk kemampuan berpikir, belajar. Anak dengan keterampilan kognitif yang baik tentu akan berdampak luas pada semua bidang.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Berikut 10 cara membuat anak jadi lebih cerdas menurut laman Times of India dan dikutip dari Antara pada Jumat (20/10/2023):

1. Kebiasaan membaca

Membaca adalah aspek penting dari perkembangan otak dan keterampilan kognitif setiap anak yang tumbuh. Kebiasaan membaca dapat ditanamkan pada anak-anak mulai usia sedini mungkin, dengan memberikan buku-buku gambar dan buku cerita ke dalam rutinitas sehari-hari mereka.

2. Biarkan mereka bermain

Cara kedua membesarkan anak supaya tumbuh lebih cerdas adalah biarkan mereka bermain. Pada perkembangan otak yang sehat pada anak-anak, terutama sepanjang tahap perkembangan awal, bermain adalah area utama yang harus diprioritaskan oleh orang tua. Membiarkan anak bermain sendiri membuat dia belajar keterampilan hingga melatih kemampuannya untuk memecahkan masalah.

3. Fokus pada nutrisi inti

Diet yang baik sangat penting untuk memastikan bahwa buah hati Anda memiliki perkembangan otak yang optimal. Sediakanlah berbagai makanan bergizi kaya asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam beberapa ikan, kacang-kacangan, dan kacang kedelai, kemudian antioksidan yang ditemukan pada buah dan sayuran, hingga protein yang ditemukan pada daging, gandum, biji-bijian tanah.

4. Segelas susu tiap hari

Susu adalah makanan otak yang penting yang harus dikonsumsi oleh semua anak dan kandungan gizi tinggi di dalamnya sulit untuk tergantikan dengan kadar yang sama oleh pangan lain.

Mengingat banyaknya manfaat yang ditawarkan produk susu, kebiasaan mengonsumsi susu dapat melampaui perkembangan otak dan juga berfokus pada kesejahteraan keseluruhan anak.

5. Aktivitas fisik

Cara berikutnya untuk membesarkan anak supaya tumbuh lebih cerdas adalah membiarkan mereka melakukan aktivitas fisik. Mendorong aktivitas fisik yang teratur pada anak-anak tidak hanya berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan, namun, juga mendukung perkembangan otak. Aktivitas fisik merangsang aliran darah ke otak dan membantu anak-anak tumbuh kuat, fit, dan sehat.

Aktivitas sederhana berupa permainan yang menuntut gerakan fisik dapat dilakukan.

6. Olahraga

Hal ini disarankan bahwa anak-anak terlibat dalam olahraga setiap hari karena itu akan membantu mereka dengan berbagai bidang perkembangan. Ada manfaat tambahan seperti memori yang lebih baik, fokus, kesejahteraan emosional dan kerja tim belajar bila anak rutin berolahraga.

7. Ciptakan lingkungan yang merangsang aktivitas otak dan fisik

Menyediakan mainan, buku, dan permainan sesuai dengan usia yang mendorong keingintahuan dan penemuan dapat mengaktifkan bagian otak yang berbeda, meningkatkan keterampilan kognitif dan fisik. Hal itu memungkinkan anak-anak untuk menggunakan otak mereka dengan baik dan maksimal.

8. Seimbangkan waktu layar yang tepat

Perangkat digital bisa ditemui di mana-mana. Meskipun perangkat digital dapat meningkatkan pembelajaran dan mendorong perkembangan anak, mereka juga dapat mengganggu tidur dan kreativitas dalam perkembangannya.

Waktu layar harus seimbang karena paparan berlebihan pada gawai elektronik juga dapat merusak perkembangan otak.

9.Bermain dengan mereka

Cara berikutnya untuk membuat anak supaya tumbuh lebih cerdas adalah orang tua ikut bermain dengan mereka. Bermain bersama anak sering dapat membantu mendorong hubungan yang sehat dan mempromosikan imajinasi dan kreativitas anak melalui permainan interaktif dan pengalaman dunia nyata.

Menghabiskan waktu bersama anak bersifat penting dalam mengembangkan hubungan yang berarti karena sulit untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga saat ini.

Membaca untuk anak-anak, memuji dan mengenali upaya anak, serta melakukan seni dan kerajinan dengan anak- anak mendukung perkembangan otak yang sehat.

10. Bermain di dalam ruangan

Melibatkan anak-anak dalam permainan dan kegiatan yang menarik adalah pendekatan terbaik untuk mendorong pertumbuhan otak mereka. Aktivitas seperti bermain blok bangunan, teka-teki, dan labirin dapat menjadi seperangkat kegiatan dalam ruangan yang sangat baik untuk pengembangan otak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya